Sejarah SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto

0 137

SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto

SMA Muhammadiyah I Purwokerto berdiri pada tanggal 1 Agustus 1956 di bawah pengelolaan yayasan perserikatan Muhammadiyah. Bidang pendidikan dan pengajaran, berlokasi di jalan Masjid Purwokerto. Kemudian pada tahun 1965 pindah ke jalan Penisihan. Berdirinya SMA MUhammadiyah I Purwokerto memiliki sebab dan latar belakang. Adapun sebab berdirinya adalah karena belum adanya lembaga pendidikan yang memadukan dua sistem, yaitu sistem pendidikan pondok pesantren dan pendidikan dari Barat.

Sistem pendidikan pondok pesantren yang santrinya hanya diajari agama dan kitab-kitab saja tanpa diberi pelajaran pengetahuan umum, sedangkan sistem pendidikan Barat hanya mengutamakan pendidikan umum dengan meninggalkan pengetahuan Agama sehingga nantinya dapat menghasilkan generasi manusia yang cinta dunia tetapi lupa pada kehidupan akherat. Oleh karena itu, Majelis Pendidikan dan Pengajaran berusaha memadukan dua sistem pendidikan diatas agar bisa membentuk manusia yang bahagia baik dunia maupun akherat. Sebab lainnya adalah banyaknya lulusan SLTP yang tidak tertampung di SMAA Negeri maupun SMA lain yang berada di Purwokerto. Untuk ikut mewujudkan tujuan pendidikan Nasional, Perserikatan Muhammadiyah Purwokertobidang pendidikan berusaha mendirikan sarana pendidikan secara formal dari tingkat TK saampai Perguruan Tinggi pada umumnya dan tingkat SMA pada khususnya.

Setelah berkembang tebih baik, pada tahun 1980-an lokasi SMA Muhammadiyah I Purwokerto pindah ke jalan dr. Angka No. 1 Purwokerto. Setelah berlokasi di tempat inilah SMA Muhammadiyah I PUrwwokerto mulai berkembang lebih baik dengan memperoleh status Disamakan dan dilengkapi sarana dan prasaranana yang menunjang. Dengan jurusan yaitu : Pash Pal, Sosiial Budaya, Bahasa.

Seiring dengan perkembangan dunia Pendidikan di Indonesia, SMA Muhammadiyah I Purwokerto berubah menjadi SMU Muhammadiyah I Purwokerto.SMU Muhammadiyah I Purwokerto telah siap untuk menghadapi tantangan zaman khususnya dunia pendidikan. Sarana dan Prasarana yang ada semakin lengkap dan baik. Bangunan seluruhnya berjumlah 52 buah. SMU Muhammadiyah I Purwokerto berubah lagi menjadi SMA Muhammadiyah I Purwokerto sampai dengan sekarang.

Source https://smamuh1purwokerto.sch.id https://smamuh1purwokerto.sch.id/sejarah-sma-muhammadiyah/
Comments
Loading...