Sejarah SMA Kristen Ketapang

0 153

SMA Kristen Ketapang

Konon Jalan K.H. Zainul Arifin, tempat SKK 1 berdiri, disebut Gang Ketapang, karena di sepanjang kedua sisinya ada banyak sekali pohon ketapang (Terminalia catappa). Kini pohon tersebut sudah langka. Gereja Kristus Ketapang jelas memperoleh namanya karena lokasi geografisnya dan Sekolah Kristen Ketapang memperoleh namanya sebagai turunan dari GKK yang menjadi penaungnya.

Pohon ketapang yang tumbuh di daerah pesisir pantai (ingat, Jakarta adalah kota pesisir) ternyata tidak kalah dari pohon kelapa. Dari akar hingga daun dan buahnya, semua unik dan semua memiliki kegunaan yang tinggi. Keunikan yang ingin disoroti di sini adalah pada daunnya: tidak seperti kebanyakan pohon tropis yang daunnya selalu hijau, daun ketapang bisa berubah warna menjadi merah, tembaga dan keemasan. Setahun dua kali pohon khas Asia Selatan dan Asia Tenggara yang berbentuk seperti pagoda ini meranggas. Karena letaknya selalu di daerah pesisir, di tanah berpasir dan dekat aliran air, maka kebanyakan daunnya yang gugur akan jatuh ke air.

Yayasan Pendidikan Kristen Ketapang (YPKK) adalah salah satu Lembaga pendidikan yang dimiliki oleh Gereja Kristus Jalan K.H. Zainul Arifin 9 yang lebih dikenal sebagai Gereja Kristus Ketapang (GKK) Berawal dari panggilan Tuhan dalam pelayanan pendidikan kepada anak-anak, remaja dan pemuda, diwujudkan dalam bentuk Sekolah Rakyat yang diresmikan pada tanggal 5 Juli 1952, berkembang menjadi SKK-I Jakarta Pusat (1952) , SKK-II Green Garden – Jakarta Barat (1995), SKK-III Cibubur – Jawa Barat(2003), melayani jenjang pendidikan KB&TK SD, SMP, SMA & SMK. Tahun 2008 membuka KB&TK KK-IV di perumahan Taman Aries – Jakarta Barat.

Source http://ujiansma.com http://ujiansma.com/sma-kristen-ketapang
Comments
Loading...