Sejarah SMA Katolik Santa Maria Malang

0 60

SMA Katolik Santa Maria Malang

SMA Katolik Santa Maria Malang adalah Sekolah Menengah Atas swasta Katolik yang dikelola di bawah naungan Kongregasi Suster Santa Perawan Maria (SPM) di Indonesia. Kongregasi melimpahkan penggelolaannya kepada Yayasan pendidikan SPM yang berkantor di Jalan Kepanjen No.5 Surabaya, Jawa Timur. SMA Katolik ini juga dikenal dengan sebutan SMA Langsep, karena lokasinya yang berada di Jalan Raya Langsep Nomor 41, Kota Malang.

Yayasan Pendidikan memberitahukan bahwa nama Yayasan pendidikan SPM diubah menjadi Perkumpulan Darma Putri dalam surat edarannya pada tanggal 4 juli 2002 no.110/A.9/2002. Perubahan ini dilakukan agar pelayanan pendidikan dan pengajaran semakin efektif dan optimal.

Perkumpulan Darma Putri didirikan untuk melanjutkan karya Pendidikan dan Pengajaran “Institut De Zusters Van Onze Lieve Verouw”, yang dimulai pada tanggal 20 Oktober 1926. Perkumpulan ini menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di Indonesia dengan menggelola sekolah-sekolah sesuai dengan landasan khusus pengabdian dan penggelolaan bernafaskan ajaran Katolik. Spiritualitas SPM diwujudkan dalam visi dan misi perkumpulan. Perkumpulan Darma Putri mengelola sekitar 50 buah sekolah dari tingkat TK hingga SMA.

Pada 1950, pendiri SMAK Santa Maria, Sr. Henrica Maria Verhoef, atau yang akrab dipanggil Sr. Gerarda, kelahiran Stoutenburg (Belanda), 5 Mei 1919 tiba di Indonesia sebagai misionaris. Selama beberapa tahun, Sr. Gerarda pun melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan menjadi kepala sekolah baik SD maupun SLTP yang dikelola Perkumpulan Darma Putri.

Sepuluh tahun di Indonesia, tepatnya pada tahun 1960, Sr. Gerarda akhirnya mendirikan SMAK Santa Maria. Awalnya sekolah katolik ini didirikan sebagai filial SMA Katolik Santo Albertus (SMAK Dempo). Sekolah ini menempati gedung di Jalan Panderman 7A Malang. Tahun ajaran 1961-1962 menjadi awal cerita perkembangan sekolah baru ini. Kala itu, jumlah siswa tidak lebih dari lima puluh orang.

Sr. Gerarda berhasil membeli sebidang tanah dan membangun sebuah gedung sekolah di Jalan Raya Langsep Nomor 41, Kota Malang pada 1964. Upaya ini sukses dilakukan dengan dukungan dari para wali murid, beberapa penderma sosial, dan Dewan Pengurus Suster SPM.

Setahun kemudian, sekolah ini resmi memisahkan diri dari Santo Albertus. Sekolah katolik ini akhirnya berdiri dengan nama SMAK Santa Maria dan berstatus sekolah swasta. Sr. Gerarda pun diangkat sebagai Kepala Sekolah pertama.

Sekolah Katolik ini terus berkembang seiring berjalannya waktu. Pada tahun 1978 dilakukan pembangunan lapangan olahraga dan proyek perluasan aula sekolah. Namun pada tahun yang sama, kesehatan Sr. Gerarda memburuk. Atas anjuran dokter di Surabaya, Dewan Pengurus Suster SPM Nederland dan Indonesia, dan demi ketaatan, dia pun kembali ke Belanda untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Pada pertengahan Juli 1979, Dewan Pengurus Suster SPM mengangkat Sr. Francine Tjandrawati menjadi Kepala Sekolah SMAK Santa Maria menggantikan Sr. Gerarda. Peningkatan mutu pendidikan, penyempurnaan, dan pembangungan sekolah terus berjalan, dengan dukungan para guru dan dikuatkan oleh pesan-pesan Sr. Gerarda menjelang hari wafatnya.

Ada penambahan dua lokal (kelas) dan sebuah perpustakaan pada 1984. Pada bulan Oktober di tahun yang sama, SMAK Santa Maria diakreditasi. Setahun kemudian, ada upaya penambahan tiga lokal (kelas), ruang doa, ruang konselor, dan pengalihan fungsi tiga lokal (kelas) menjadi sebuah ruang mengetik, komputer dan laboratorium fisika. Di tahun yang sama, SMAK Santa Maria juga mendapat status “Disamakan”. Pada tahun 1986, ada penambahan ruang serbaguna yang sekarang fungsinya berubah menjadi ruang kesenian.

Saat ini, SMAK Santa Maria Malang memiliki WiFi Area, 18 ruang kelas yang dilengkapi dengan LCD, ruang musik, ruang karawitan, ruang doa, ruang seni, laboratorium komputer, laboratorium biologi, laboratorium kimia, laboratorium fisika, laboratorium bahasa, Aula, perpustakaan, lapangan olahraga (basket, voli, bulutangkis).

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2015/12/22/sma-katolik-santa-maria-malang-dan-sejarahnya/
Comments
Loading...