Sejarah SMA Ardjuna Malang

0 184

SMA Ardjuna

SMA Ardjuna merupakan Sekolah Menengah Atas Swasta yang ada di Kota Malang. Sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) 20533626 ini, didirikan dan dikelola oleh Yayasan Perguruan Ardjuna.

Sekolah swasta itu saat ini beralamatkan di Jalan Raden Tumenggung Suryo, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Lokasi SMA Ardjuno cukup strategis, lantaran jaraknya cuma dua kilometer dari arah pusat Pemerintahan Kota Malang. Akses kendaraan bermotor mudah dan dilewati beberapa angkutan umum. Angkutan Kota (angkot) yang biasa lewat di depan gedung SMA Ardjuna di antaranya AMG, AJG (dari Terminal Hamid Rusdi, AMG, AJG, ADL (dari Terminal Arjosari), dan CKL, ADL (dari Terminal Landungsari).

SMA Ardjuna didirikan pada tahun 1980, dengan status terdaftar di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terakhir, sekolah dengan status akreditasi A ini mendapatkan SK Izin Operasional tertanggal 6 Februari 2014.

Jumlah pendidik di SMA Ardjuna sebanyak 14 orang, di mana dua di antaranya bersatus PNS (DPK), dua Guru tetap Yayasan (GTY), dan 10 orang Guru Tidak Tetap (GTT). Sementara itu, jumlah tenaga kependidikan ada tiga orang, yakni dua berstatus Pegawai Tetap Yayasan (PTY), dan satu Pegawai Tidak Tetap.

Dengan luas tanah mencapai 4000 meter persegi dan luas bangunan 1650 meter persegi, SMA Ardjuna memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Mulai dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, WC guru dan siswa, mushola, koperasi, ruang UKS, ruang OSIS, ruang BK, laboratorium komputer, lab multimedia, lab IPA, dan ruang belajar-mengajar. Seluruh fasilitas bangunan tersebut dalam kondisi yang baik, bersih, rapi dan bisa dibilang memadai.

Sebagai sekolah swasta, SMA satu ini juga memiliki visi dan misi dalam upaya mencetak anak didik yang berkualitas. Visinya menjadi wahana pendidikan yang memiliki keunggulan pada proses pemberdayaan insani yang iman dan takwa kepada Tuhan YME, serta berilmu pengetahuan dan teknologi. Indikatornya (1) unggul dalam pengembangan kurikulum, (2) unggul dalam proses pembelajaran, (3) unggul dalam kelulusan, (4) unggul dalam kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, (5) unggul dalam sarana dan prasaran serta fasilitas, (6) unggul dalam manajemen sekolah, dan (7) unggul dalam proses penilaian.

Sementara itu, misi sekolah ini antara lain, (1) menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama, (2) menumbuhkan budaya dan karakter bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak, (3) melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya, (4) mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga siswa dapat dikembangkan secara optimal, (5) menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah, (6) menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh stage holder, (7) melengkapi sarana dan prasarana sekolah, alat-alay bantu pembelajaran, multimedia sehingga tercapai standar pelayanan minimal, dan (8) menata lingkungan hingga tercapai suasana yang nyaman, indah rindang, bersih, serta kondosif untuk belajar.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2018/03/29/profil-sma-ardjuna-malang/
Comments
Loading...