Sejarah SMA 1 Padang Sumatera Barat

0 187

Sejarah SMA 1 Padang

Di sudut persimpang jalan Sudirman sekarang dan dulu bernama jalan Belantung terdapat Sekolah SMA 1. Banyak masyarakat Sumatera Barat dicerdaskan dan menjadi orang berhasil dari tempa institusi sekolah ini. Pada salah satu sudut pondasi bagian depan bangunan yang ditempati SMAN 1 Padang yang sebelumnya merupakan bekas gedung sekolah Belanda yaitu Europeesche Lagere School setingkat SMA sekarang, terukir angka tahun 1917, yang dapat disimpulkan bahwa gedung dibangun pada tahun 1917 yang terletak di Jl. Jend. Sudirman. Gedung ini menggunakan arsitektur yang sederhana, namun merupakan gedung yang cukup megah ketika itu. Sejak berdiri, bangunan ini sudah digunakan untuk tempat belajar dan selanjutnya silih berganti menjadi bermacam tempat pendidikan dari Europeesche Lagere School sebelum Perang Dunia II kemudian menjadi sekolah Jagoka di zaman penjajahan Jepang, kembali ke IES di masa perjuangan kemerdekaan dan terakhir barulah menjadi gedung SMAN 1 Padang.

Bangunan ini terdiri dari tiga bangunan, yaitu bangunan kantor di bagian depan (A), bangunan untuk ruangan kelas di sayap kiri (B) dan kanan (C) masing-masing satu buah. Bangunan kantor sudah mengalami perubahan dinding bagian depan sudah dilapisi keramik putih sedangkan bangunan sebelah kiri dan kanan masih asli. Atap bangunan dari genteng. Pasca gempa gedung ini mengalami rusak sekitar 55%, meliputi tiang-tiang gedung hampir keseluruhannya patah, atap pada bangunan A banyak yang lepas pada bagian depan dan bela-kang, loteng pada gedung B mengalami keruntuhan. Dinding ruang aula retak, dinding pada gedung A,B, dan C hampir seluruhnya pecah.

Saat ini sedang dalam tahap renovasi, sebagian kecil telah mengalami perbaikan seperti tiang-tiang sudah diganti dengan tiang dari kayu, dinding yang retak dan pecah telah diplester kembali. Di halaman depan sekarang terdapat sebuah tenda untuk diper-gunakan sebagai ruangan belajar mengajar sementara, untuk mengganti ruangan kelas yang rusak yang belum selesai diperbaiki. Akibat gempa banyak fasilitas sekolah yang tidak layak untuk dijadikan ruang kelas. Melihat kondisi sekolah yang kurang layak untuk proses pendidikan maka timbul inisiatif Pemerintah Kota Padang memindahkan sekolah ini ke lokasi baru. Pada saat ini Gedung ini tidak dimanfaatkan untuk proses ajar mengajar tapi sudah menjadi salah satu kantor Pemerintah Kota Padang. SMA 1 Padang proses belajar mengajarnya sudah pindah di gedung baru di Belanti yang merupakan sumbangan dari masyarakat Tionghoa yang beragama Budha. Demikian sekelumit sejarah SMA I Padang.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/sekolah-menengah-atas-1-padang/
Comments
Loading...