Sejarah Situ Gintung Tangerang Selatan

0 689

Lokasi Situ Gintung

Situ ini terletak di Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Lokasi situ ini terletak di sebelah timur lampu merah Gintung.

Situ Gintung

Situ Gintung merupakan satu dari 160 lebih situ yang ada di wilayah Jabodetabek. Situ, berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah telaga atau danau. Dulunya, Situ Gintung ini adalah danau alami berupa rawa-rawa. Kemudian, pemerintah Hindia Belanda menjadikan Situ Gintung sebagai daerah tangkapan air yang ditampung dari sungai Cidurian dan Cisadane, untuk mengairi persawahan yang terletak di bagian hilir. Lalu, dibendung dan dibangun pintu air. Pengerjaannya dimulai sejak tahun 1932, dan selesai pada tahun 1933. Luas area Situ Gintung pada saat dibangun, diperkirakan sekitar 31 hektar, namun sekarang diperkirakan tinggal 24 hektar saja.

Situ Gintung

Pada tanggal 26 Maret 2009 Jebolnya tanggul Situ Gintung mengakibatkan bencana banjir bandang yang menghanyutkan tanah dari tanggul dan lumpur dari telaga serta beberapa bangunan yang berada tepat di bawah tanggul. Turbulensi aliran ke arah hilir diduga makin membesar volume dan berat jenisnya akibat makin banyaknya material dari bangunan dan benda-benda lain yang tersapu banjir.

Dampak terbesar dari aliran air dan lumpur ini diperkirakan mencapai puncaknya pada kawasan pemukiman dan bangunan di sekitar gedung perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jakarta yang berlokasi sekitar 650 meter dari titik pecahnya tanggul.

Situ Gintung beserta kawasannya mulai dibangun kembali, dan selesai pada bulan Februari 2011. Perbaikan yang sangat signifikan dari tanggul Situ Gintung, adalah adanya saluran air untuk mengalirkan air apabila volume air tidak dapat ditampung. Saluran air ini mengalir sampai ke daerah Petukangan. Selain itu, pada sisi kiri dan kanan saluran sekarang menjadi ruang hijau. Pada sisi kiri saluran, juga dibangun sebuah monumen untuk mengenang korban tragedi jebolnya tanggul Situ Gintung pada 2009.

Source Situ Gintung Tangerang Selatan
Comments
Loading...