Sejarah Singkat Universitas Widyagama Malang

0 10

Sejarah Singkat Universitas Widyagama Malang

Universitas Widyagama merupakan satu dari sekian banyak kampus swasta yang ada di Kota Malang. Berdiri sejak tahun 1971, kampus ini memiliki sejarah panjang, termasuk namanya yang sering berganti-ganti.

Semula, Yayasan Pembina Pendidikan Indonesia (YPPI) mendirikan perguruan tinggi ini dengan nama Akademi Bank Widyagama Malang pada tanggal 24 Pebruari 1971. Tiga tahun kemudian, pada tanggal yang sama, tepatnya pada tahun 1974, didirikan pula Akademi Manajemen Widyagama Malang. Menyusul kemudian pada tanggal 24 Pebruari 1980, Akademi Akuntansi Widyagama Malang berdiri. Akademi-akademi ini merupakan kawah candradimuka yang menghasilkan para sarjana muda yang ahli dalam bidang ekonomi di Malang.

Ketika ada program penghapusan gelar sarjana muda, agar dapat menjadi sarjana lengkap, maka YPPI secara resmi menggabungkan tiga akademi tersebut menjadi satu nama, yakni Institut Ekonomi dan Manajemen (IEM) Widyagama Malang pada tanggal 19 September 1981. Tiga tahun berselang, tepatnya pada tahun 1984, nama IEM kembali berubah. Kali ini YPPI mengubahnya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Widyagama, yang memiliki jurusan Manajemen Keuangan dan Manajemen Perusahaan.

Konsistensi STIE melatarbelakangi YPPI sepakat mendirikan Universitas Widyagama Malang, pada tanggal 1 Januari 1985. Universitas ini menjadi proyek pengembangan dari STIE Widyagama. Kemudian, fakultas-fakultas baru di luar disiplin ilmu ekonomi pun dibentuk. Universitas Widyagama Malang memiliki empat Fakultas, yakni (1) Fakultas Ekonomi, yang terdiri dari Program Studi (Prodi) Manajemen dan Akuntansi, (2) Fakultas Hukum dengan Prodi Ilmu Hukum, (3) Fakultas Pertanian, terdiri dari Prodi Agronomi, Teknologi Hasil Pertanian dan Agribisnis; dan (4) Fakultas Teknik, yang memiliki Prodi Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro.

Saat ini, universitas yang terletak di Jalan Borobudur No. 35 Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini telah mengembangkan diri dalam kelembagaan akademiknya. Universitas Widyagama saat ini sudah memiliki Program studi S1 Teknik Industri (berdiri 1997), S2 Magister Manajemen (2002), S2 Magister Hukum (2002), Diploma D3 keuangan dan perbankan Syariah (2005), dan S1 Teknologi Informatika (2011).

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2017/01/06/sejarah-singkat-universitas-widyagama-malang/
Comments
Loading...