Sejarah Singkat Universitas Merdeka Malang

0 58

Sejarah Singkat Universitas Merdeka Malang

Universitas Merdeka Malang merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang berdiri sejak tanggal 29 Januari 1964. Tak banyak yang tahu tentang sejarah berdirinya kampus ini.

Kampus ini diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Pusat Malang (YPTMPM) di Malang (Akta Nomor 5.a tanggal 5 Juli 1964). Para pendirinya adalah R. Edwin Soedardji, Soekiman Dahlan, SH., Frasnsiscus Soetrisno, Soegondo, Soetikno, SH., dan Dharma.

Pada tahun 1972 nama YPTMPM diubah menjadi Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang, yang disingkat YPTM. Menurut badan hukum, pengelola Universitas Merdeka adalah Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Pusat Malang (Akta Nomor 32 tahun 1972).

Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka (YPTM) merupakan yayasan swasta yang mengemban dua fungsi utama, yaitu (1) fungsi pertahanan ideologi negara. Fungsi ini menuntut YPTM bertindak sebagai lembaga yang ikut serta dalam mempertahankan, mengamankan, mengamalkan Pancasila dan UUD 1945; (2) fungsi lembaga ilmiah yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam rangka mengemban kedua fungsi tersebut, YPTM bersama dengan Universitas Merdeka Malang melakukan berbagai langkah pembenahan. Pada tahun 1983 kembali Yayasan dikukuhkan dengan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka.

Secara historis, keberadaan Universitas Merdeka Malang tidak dapat dipisahkan dengan Kodam VIII/Brawijaya (sekarang Kodam V/Brawijaya. Hubungan YPTM dan Universitas Merdeka Malang dengan Kodam VIII/Brawijaya merupakan bagian dari proses sejarah berdirinya YPTM.

Konteks sejarah inilah yang pertama-tama mendasar hubungan kedua belah pihak. Di samping konteks kesejarahan, kesamaan misi dan fungsi yang diemban mendorong kerjasama antara YPTM dengan Kodam VIII/Brawijaya sama mengemban fungsi memepertahankan, mengamankan, dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945. Universitas Merdeka Malang didirikan sebagai kubu pertahanan ideologi Pancasila, dan UUD tahun 1945.

Atas permohonan Pendiri Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang, Kolone R. Edwin Soedardji kepada Pangkodam VIII/Brawijaya, maka bertepatan dengan HUT Kodam VIII/Brawijaya yang ke XXIII tanggal 17 Desember 1968, Universitas Merdeka dinyatakan berinduk pada Slagorde Kodam VIII/Brawijaya yang bertindak selaku pembina utama dari Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang dan Universitas Merdeka Malang.

Sedangkan, untuk pelaksanaan tugasnya sehari-hari Universitas Merdeka Malang berada di bawah Pembina harian Komando Resort Militer 083/Bhaladhika Jaya, dalam hal ini Komandan Korem 083/Bhaladika Jaya adalah Ex-officio Pembina Harian Universitas Merdeka Malang.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/12/31/sejarah-singkat-universitas-merdeka-malang/
Comments
Loading...