Sejarah Singkat tentang SDN Jawa 1

0 65

Sejarah Singkat tentang SDN Jawa 1

Dulu namanya SDN Lambung Mangkurat Center, pada tahun 1986 nama sekolah khususnya SD se Indonesia telah terjadi perubahan, nama sekolah berdasarkan nama desa/ kelurahan tempat SD itu berdomisili, oleh karena itu sekarang sekolah ini bernama SDN Jawa 1. Beralamat di jalan Sukaramai no 1 Rt III Rw I kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, terletak di jantung kota Martapura jarak dengan pasar Martapura sekitar 500 m, tepatnya bearada di sebelah Tenggara taman kota (eks, Rumah sakit Ratu Zalecha).

SDN Jawa 1 didirikan pada tahun 1955 merupakan SD yang pertama berdiri di )*kampung Jawa;sebelum jadi kelurahan. Seiring lajunya pertumbuhan penduduk di kelurahan ini maka terjadi pembeludakan siswa pada setiap penerimaan murid di awal tahun ajaran , sedangkan ruang kelas yang tersedia sangat terbatas, Tahun demi tahun terjadi penambahan bangunan SD Inpres sampai sekarang sekolah yang ada di kelurahan Jawa ini berjumlah 5 buah (SDN Jawa 1 s/d SD Jawa 5).

SDN Jawa 1 merupakan SD inti dari 6 SD Imbas di gugus IV kecamatan Martapura, terdiri dari SDN Jawa Laut 1, SDN Tunggul Irang ulu, SDN Bincau Muara, SDN Bincau 1, SDN Tambak Baru Ilir, SDN Tambak Baru Ulu. Kegiatan dalam rangka pemecahan masalah-masalah pembelajaran yang dialami oleh para guru dan penyamaan persepsi tentang konsep ditujukan untuk peningkatan mutu pendidikan terhimpun dalam satu wadah kegiatan bernama KKG, kegiatan yang dibahas antara lain : pemilihan media pembelajaran yang tepat, pola mengajar Tematik, Lissen Studi, dll, objek latihan yang digunakan oleh peserta KKG dalam penerapan praktek lapangan adalah siswa SDN Jawa 1, hal ini dengan maksud agar teori yang ditemukan apakah sesuai dan bisa diterpkan di lapangan.

Sejak didirikan sampai dengan tahun 2010, sekolah ini sudah meluluskan sebanyak 567 siswa dari 856 siswa yang masih bersekolah sekarang. Para alumnus banyak yang sudah bekerja baik di pemerintahan, guru/ dosen, perawat, dokter dan sebagian pedagang serta berwiraswasta.

Source http://sdnjawa1.do.am http://sdnjawa1.do.am/news/foto_sdn_jawa_1/2010-11-30-6
Comments
Loading...