Sejarah Singkat RSUD Blambangan

0 47

Sejarah Singkat RSUD Blambangan

Tidak banyak yang tahu jika RSUD Blambangan ternyata rumah sakit tertua di Kabupaten Banyuwangi. Rumah sakit yang kini berdiri megah ini dibangun kali pertama tahun 1930 oleh Prof. dr. Immanudin.

Diawal pendiriannya, fasilitas publik ini sudah memiliki 4 ruangan untuk pelayanan kesehatan dan penanggulangan penyakit menular bagi masyarakat. Yakni ruangan penyakit dalam, bedah, bersalin dan pelayanan rawat jalan.

Seiring perjalanan waktu pembangunan fasilitas kesehatan dilakukan secara bertahap. Rentang tahun 1966 hingga 1968 jumlah ruangan pelayanan kesehatan di RS pemerintah ini bertambah. Diantaranya, ruangan perawatan anak, ruangan bedah dan kecelakaan dan penyakit kandungan.

Tidak hanya meningkatkan pelayanan kesehatan dan melakukan pembangunan infrastruktur saja. RSUD Blambangan juga berupaya keras untuk mendapatkan pengakuan keberadaan kegiatan kesehatannya. Perjuangan demi perjuangan akhirnya mendapatkan pengakuan positif.

Tepat 1 April 1998, RSUD Blambangan ditetapkan menjadi Unit Swadana dengan katagori Rumah Sakit Type C (+). Serta dinyatakan telah lulus dengan Akreditasi Dasar penuh (5 layanan). Beberapa tahun kemudian, tepatnya 8 Juli 2004 status RSUD Blambangan menjadi Badan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, berdasarkan Perda No. 21 Tahun 2004.

RSUD Blambangan juga berhasil meraih sertifikat standar International ISO 9001-2008 pada November 2007. Dengan kategori pelayanan klas 1 (utama), Ruang Perinatologi, Ruang ICU, Ruang Bedah Sentral, Laboratorium dan Farmasi. Dan setiap tahun dilakukan Audit maintenance ISO 9001 : 2000.

Direntang akhir September 2009, status RSUD Blambangan yang mulanya Badan Pelayanan Kesehatan Masyarakat berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Kini, RSUD Blambangan menjadi sebuah RS besar dengan berbagai fasilitas kesehatan yang didukung dengan profesionalitas tenaga serta teknologi peralatan kesehatan.

Source http://portal.banyuwangikab.go.id http://portal.banyuwangikab.go.id/news/detail/1398/sejarah-singkat-rsud-blambangan.html
Comments
Loading...