Sejarah Singkat RSIA Mardi Waloeja yang Berdiri Sejak 1927

0 63

Sejarah Singkat RSIA Mardi Waloeja yang Berdiri Sejak 1927

RSIA Mardi Waloeja merupakan salah satu Rumah Sakit Ibu dan Anak yang ternama di Malang. Tak banyak yang tahu jika ternyata mereka sudah beroperasi sejak tahun 1927 silam.

Rusam sakit ini merupakan satu dari sekian layanan kesehatan milik Organisasi Protestan Kota Malang yang berbentuk RSIA. Terdaftar sejak 20 Februari 2012, RSIA ini memiliki surat izin bernomor YM.02.04.315.3321 dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia dan sudah memiliki status akreditasi rumah sakit. RSIA ini sudah mengalami peningkatan level rumah sakit. Sebelumnya, rumah sakit ini levelnya Rumah Sakit Bersalin (RSB), hingga akhirnya berubah menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak.

RSIA Mardi Waloeja mempunyai layanan unggulan di bidang pelayanan kesehatan. Pada tanah seluas 2.273 meter persegi, mereka mendirikan bangunan 1.579 meter persegi. Bangunan tersebut sudah termasuk kamar untuk rawat inap dengan berbagai tipe, mulai dari kelas I, kelas II, kelas II, hingga kamar kelas VIP.

Pelayanan kesehatan di RSIA ini, terutama untuk pasien rawat inap mengutamakan sugesti bahwa pasien berada seperti di rumah sendiri. Pelayanan kesehatannya memang diwarnai atmosfer kekeluargaan yang akrab dan hangat.

Menariknya, interior rumah sakit ini yang tergolong bangunan tempo doeloe pun memberikan suasana yang nyaman bagi para pasien. Tak heran jika pasien dan keluarganya dapat menikmati masa-masa menginap di RSIA ini dalam proses kesembuhan dan pemulihan yang senyaman mungkin.

“Kasih Mendasari Pelayanan Kami” merupakan motto kerja sekaligus jati diri RSIA Mardi Waloeja. Motto itu diwujudkan dalam bentuk pelayanan yang mengutamakan manusia dan memanusiakan manusia. Setiap saat pasien akan mendapatkan sapaan dan sambutan hangat dan kesabaran para perawatnya. Selain itu, rumah sakit ini terus berupaya memberikan layanan seprofesional mungkin untuk mengusahakan proses pemulihan dan kesehatan sebaik mungkin bagi seluruh pasien yang dirawat.

RSIA Mardi Waloeja tak hanya memberikan pelayanan khusus di bidang kesehatan ibu dan anak, tapi juga kandungan dan kebidanan. Selain itu, mereka juga menyediakan pelayanan kesehatan umum melalui Poliklinik-nya.

Poliklinik Umum dan Kesehatan Ibu Anak, melayani pemeriksaan kesehatan dan pengobatan untuk pasien umum (dewasa), pemeriksaan kesehatan dan pengobatan untuk bayi, balita, anak, dan remaja, pemeriksaan kehamilan/ANC, pemeriksaan setelah melahirkan, pelayanan Keluarga Berencana, pemeriksaan Pap Smear, imunisasi bayi, anak, dan dewasa, konsultasi menyusui, dan lain-lain. Selain itu, mereka juga melayani pemeriksaan dan perawatan kehamilan dan penyakit kandungan oleh Spesialis Kandungan dan Kebidanan, termasuk pemeriksaan dengan USG dan NST/CTG (untuk mengetahui kesejahteraan janin), pemeriksaan dan perawatan bayi dan anak oleh Spesialis Anak, konsultasi/Rujukan kepada dokter spesialis/subspesialis (Bedah Umum, THT, Penyakit Dalam, Jantung Anak, dan lain-lain), dan perawatan ibu hamil, meliputi persalinan normal, persalinan normal dalam air (Water Birth), persalinan dengan sectio caesarea, senam hamil dan senam nifas/paska operasi. Ada juga pemeriksaan laboratorium, penyediaan obat-obatan untuk rawat jalan dan rawat inap, pelayanan Ambulans 24 jam (antar dan jemput pasien), dan pengurusan Akte Kelahiran bayi. RSIA Mardi Waloeja terletak di tengah kota, tepatnya di Jalan Kauman No. 23 Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2018/05/03/sejarah-singkat-rsia-mardi-waloeja-berdiri-sejak-1927/
Comments
Loading...