Sejarah Singkat Desa Wairterang

0 10

Sejarah Singkat Desa Wairterang

Desa Wairterang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Topografi ketinggian desa ini adalah berupa pegunungan, dataran dan pantai, yaitu sekitar 750 meter di atas permukaan air laut. Berdasarkan keadaan geografis desa, curah hujan rata-rata mencapai 11,25 mm dengan suhu rata-rata 32° C.

Pada zama dahulu, kurang lebih pada abad ke-19, dilakukan kegiatan pembukaan jalan Trans Flores yang dimulai dari Labuan Bajo menuju Larantuka. Semua laki-laki dewasa dan sudah kena pajak, dipaksa untuk kerja Rodi (kerja paksa), ketika pekerjaan jalan sudah sampai di kampung Wodong (kampung tertua di Desa Wairterang), para pekerja terpaksa bermalam dan tinggal menetap untuk sementara waktu di sana.

Pada saat itu kampung Wodong mengalami kekurangan air minum bersih, dan kebetulan di sekitar lokasi tempat tinggal para pekerja, terdapat salah satu mata air yang berada tepat di atas perbukitan, karena lokasi mata air berada di atas perbukitan dan daerahnya agak terjal maka para pekerja memasang terang (pancuran) yang terbuat dari bilah batang pinang dan ditarik ke daerah yang lebih rendah. Dalam kesehariannya masyarakat kampung Wodong menggunakan air pancuran tersebut sebagai tempat untuk mengambil air minum, mencuci, mandi, dan lain-lain. Dan dari sinilah masyarakat memberi nama Wairterang yang dalam bahasa daerah Sikka, Wair artinya air, dan Terang artinya pancuran.

Nama Wairterang kemudian disepakati dalam musyawarah LKMD bersama Tokoh Masyarakat, sebagai nama desa Persiapan (tahun 1997). Dan pada tahun 2000, desa Persiapan Wairterang dikukuhkan menjadi Desa Definitif dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Sikka atas persetujuan DPRD Sikka. ***

Source http://kekunaan.blogspot.com http://kekunaan.blogspot.com/2014/02/sejarah-singkat-desa-wairterang.html
Comments
Loading...