Sekolah Pamardi Putri Surakarta

0 153

Lokasi Sekolah Pamardi Putri

Sekolah ini terletak di Jalan Mangkubumen RT. 04 RW. 01 Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi sekolah ini berada di belakang Dalem Purwohamijayan, atau sebelah tenggara Dalem Mangkubumen.

Asal – Usul Berdirinya Sekolah Pamardi Putri

Sekolah  Pamardi Putri merupakan sekolah yang  dikelola oleh kerajaan. Perkembangan pendidikan di Kasunanan tidak terlepas dari peran Sri Susuhunan Paku Buwono (PB) X, karena semenjak PB X memegang pemerintahan di Kasunanan Surakarta (1839-1939), pendidikan mulai mendapat perhatian besar. Awalnya, PB X mengirimkan putra-putrinya serta para sentono dalem (kerabat dekat Kraton) ke sekolah-sekolah Barat namun kemudian beliau memberikan dorongan yang kuat kepada para abdi dalem untuk ikut serta menuntut ilmu melalui bangku pendidikan.

Perhatian PB X terhadap dunia pendidikan model Barat diwujudkan dengan mengusahakan sekolah sendiri. Pada 1 November 1910, PB X mendirikan Hollandsch Inlandsch School (HIS) Kasatriyan, yang kemudian disusul dengan pendirian Froberschool (Taman Kanak-Kanak) Pamardi Siwi pada 26 Agustus 1926. Terakhir adalah pendirian HIS Pamardi Putri pada 1 Juli 1927.

Tujuan mendirikan HIS Pamardi Putri ini adalah untuk menyediakan tempat belajar bagi putri dalem PB X yang bernama Gusti Raden Ajeng Sekar Kedhaton Koestiyah, yang setelah dewasa berganti nama menjadi Gusti Kanjeng Ratu Pembayun.

Model Pendidikan Sekolah Pamardi Putri

Pendidikan yang berlangsung di Sekolah Pamardi Putri pada waktu itu mengadopsi pendidkan model Barat dengan pola penerapan pendidikan karakter pada masyarakat Jawa yang mempunyai karakteristik yang unik. Hal ini selaras dengan penamaan sekolah tersebut, yaitu Pamardi Putri, yang berasal dari kata pamardi dan putri. Pamardi, artinya tempat mendidik, sedangkan putri berarti anak perempuan. Jadi Pamardi Putri adalah tempat mendidik yang memiliki strategis dan jangkauan masa depan serta menitikberatkan upaya yang sungguh-sungguh dari orangtua agar anak perempuannya menjadi orang yang baik.

Bangunan Sekolah Pamardi Putri

Sekolah Pamardi Putri yang memiliki luas bangunan 1000 m² ini adalah sekolah tempo dulu yang masih tetap memperlihatkan keaslian bangunan sekolahnya. Fasad gedung sekolahnya masih seperti dulu. Sekolah ini masih mempunyai bangku-bangku sekolah zaman dulu, wastafel yang antik, dan sebuah lukisan Gusti Raden Ajeng Sekar Kedhaton Koestiyah yang terpampang di ruang guru.

Kini, Sekolah Pamardi Putri telah menjadi inventaris cagar budaya yang ada di Kota Solo dengan nomor 08-20/C/Pk/2012 yang ditetapkan melalui Keputusan Wali Kotamadya Kepala Daerah Tingkat II Surakarta Nomor 646/116/I/1997. Bangunan sekolah ini berubah fungsi menjadi SMK Kasatriyan Surakarta.

Source Sekolah Parmadi Putri Surakarta
Comments
Loading...