Sejarah SDN 1 Wanayasa Purwakarta

0 100

SDN 1 Wanayasa Purwakarta

Bangunan SD Negeri 1 Wanayasa di Desa Wanayasa Kecamatan Wanayasa diyakini merupakan bangunan paling tua di Kabupaten Purwakarta. Informasi yang dihimpun, bangunan tersebut telah ada sejak masa perdagangan hasil bumi dimana Wanayasa dijadikan perlintasan jalur perdagangan dari beberapa daerah, sebelum 1800-an. Pada masa itu, Wanayasa dikenal sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Karawang sebelum akhirnya dipindah ke Purwakarta Kota, tepatnya di Sindang Kasih pada medio 1830-an.

Budi Rahayu Tamsyah dalam catatan Sejarah Wanayasa menyebut daerah yang kini jadi penghasil manggis di Purwakarta ini, tercatat dalam sejarah perniagaan kopi di Priangan.

Kopi-kopi yang berasal dari Bandung, Sumedang, Subang, sekitarnya, serta Wanayasa sendiri dikumpulkan, ditimbang ulang, dan ditimbun di Gudang Kopi di Wanayasa. Kemudian dibawa dengan pedati ke Pelabuhan Cikao (sekarang Cikao Bandung) di tepi Sungai Citarum untuk dikapalkan ke Batavia.

“Bekas Gudang Kopi itu sekarang jadi gedung SDN 1 Wanayasa. Gudang Kopi tersebut tercatat dijadikan bangunan sekolah pada tahun 1864 dengan murid pertamanya 19 orang, yang berusia antara 10 – 23 tahun,” ujarnya.

Bangunan itu digunakan untuk lima kelas. Langit-langit atapnya tinggi, fondasi di setiap sudut bangunan berbentuk persegi memanjang itu menggunakan kayu setinggi lebih dari 4 meter. Pintu-pintu ruangan kelas juga terbuat dari kayu jati setinggi kurang lebih dua meter.

“Ini masih bentuk asli bangunan Gudang Kopi Wanayasa yang kini jadi SD Negeri 1 Wanayasa,” ujar Endang.

Sejumlah perubahan dilakukan. Seperti setengah dinding ke atas yang dulunya ditutup ram kawat, kini dipasangi teralis besi. Sedangkan setengah dinding ke bawah yang dulunya terbuat dari bilik kini diganti dengan tembok. Sambungan kayu sebagai fondasi dengan langit-langit dikunci dengan metoda paseuk baik di bagian bawah, tengah dan atap.

Ia mengetahuinya berdasar cerita-cerita turun temurun. Bahkan, kakeknya juga pernah sekolah di SD tersebut. “Saya juga dulu sekolah disini. Bahkan orang tua dan kakek saya pun juga sama sekolah disini,” ujar dia.

Bangunan ini juga diyakini lebih tua dibanding Gedung Negara di Pendopo Pemkab Purwakarta yang dibangun pasca 1830-an, saat pusat pemerintahan dari Wanayasa dipindah ke Purwakarta kota.

Source http://jabar.tribunnews.com http://jabar.tribunnews.com/2016/12/05/ini-dia-bangunan-sdn-1-wanayasa-yang-diyakini-usianya-paling-tua-di-kabupaten-purwakarta
Comments
Loading...