Sejarah SDN 07 Sitapung

0 93

SDN 07 Sitapung

Sekolah Dasar ini didirikan pada tahun 1950 atas dasar tekad yang bulat dengan semangat yang tinggi dari masyarakat desa sitapung, Kecamatan IV Angkat Candung, Kabupaten Agam. Sebelum Tahun 1950 anak-anak desa sitapung bersekolah ke Koto Tuo.
Setelah Berdirinya SD ini, SD yang di Koto Tuo dipecah menjadi dua yaitu; sebahagian belajar dikoto tuo dan sebahagian lagi belajar disitapung. Namun Kepala Sekolah Masih dijabat oleh Kepala Sekolah Dasar Koto Tuo.
Untuk membangun Sekolah ini, tanahnya berasal dari tanah wakaf masyarakat yang pembangunannya dilakukan masyarakat secara gotong royong pada setiap hari minggu. Hingga saat ini, dinding bangunan sekolah yang lama yang dibangun pada tahun 1950 itu yang masih merupakan batu air dan plesterannya masih dari kapur kamang, karena pada saat itu semen sangat susah untuk didapat dan tidak seperti zaman sekarang atau boleh dikatakan tidak ada.
Pada tahun 1952, pembangunan sekolah ini diserahkan kepada pemerintah karena keterbatasan kemampuan masyarakat dalam mencari dana. Hal ini disebabkan oleh karena bangsa kita baru 5 tahun merdeka dan kita dapat membayangkan bagaimana keadaan keuangan masyarakat Sitapung pada saat itu khususnya dan masyarakat indonesia pada umumnya.
Pembangunan sekolah ini selesai pada tahun 1954 dan diresmikan oleh gubernur Sumatera Tengah dan langsung ditempati. rehab bangunan ini sudah dilaksanakan beberapa kali yaitu;
  1. Penggantian Atap, Penggantian dari genteng ke atap seng.
  2. Pembuatan jendela bagian belakang dan memotong bangunan karena terlalu tinggi.
  3. Penggantian Atap, Penggantian Atap Seng dengan Atap Alluminium.
  4. Pembuatan Gonjong yang menjadi ciri Khas Daerah.
Kemudian sebelum bernama SD Negeri 07 Sitapung, SD ini bernama SD Negeri 09 Sitapung, karena terjadinya pemekaran daerah kecamatan yang semula IV Angkat candung menjadi dua kecamatan baru yaitu; kecamatan Ampek Angkek dan kecamatan Candung maka ditukarlah namanya mmenjadi SD Negeri 07 Sitapung.
Demikianlah sejarah singkat SD Negeri 07 Sitapung ini, semoga dengan semangat Gotong Royong dan Kebersamaan masyarakat Sitapung akan menjadi modal yang sangat berharga bagi pembangunan Sumber Daya Manusia Sitapung yang Berkualitas, Berakhlak Mulia, Berkarakter dan mempunyai daya saing yang tinggi dikemudian hari.
Source http://sdn07sitapung.blogspot.com http://sdn07sitapung.blogspot.com/p/sejarah-singkat.html
Comments
Loading...