Sejarah SDK Sang Timur Tangerang

0 13

SDK Sang Timur

Berawal dari tahun 1990 dalam suatu ruangan yang sempit yaitu sebuah garasi yang semestinya tidak layak untuk suatu kegiatan pembelajaran, SDK Sang Timur memulai kegiatannya. Tempat itu berada di Jalan Barata Raya 29, Perumahan Barata Ciledug. Di tempat inilah 45 murid pertama SDK Sang Timur menimba ilmu dengan dibimbing oleh seorang guru dan seorang kepala sekolah. Meskipun dengan segala keterbatasan fasilitas belajar, mereka tetap semangat dan tersenyum gembira mengikuti proses pembelajaran, karena selain sebagai tempat belajar, tempat tersebut juga berfungsi sebagai tempat untuk misa.

Satu tahun kemudian, tempat belajar dipindahkan di sebuah ruangan serba guna yang sekarang dikenal dengan Bangunan Sekolah Sementara Sang Timur (BSS). Sambil menunggu pembangunan gedung sekolah selesai dibangun, 162 murid kelas I dan Kelas II didampingi oleh tiga orang guru, belajar dengan tekun selama satu tahun di tempat ini. Sementara itu para pengurus Yayasan Karya Sang Timur bersama dengan Kepala Sekolah dan para guru mengurus proses perizinan pendirian sekolah. Berkat usaha dan dukungan dari para orang tua murid, masyarakat sekitar, dan aparat pemerintah dinas pendidikan, maka pada bulan Desember 1991 SDK Sang Timur resmi mendapat izin operasional dari Kanwil Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.

Pada tanggal 1 Mei 1993 gedung sekolah diresmikan oleh Walikota Tangerang, Drs. H. Djakaria Machmud dan diberkati oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr.Dr. Leo Soekoto SJ. Setelah diresmikan, SDK Sang Timur mulai menggunakan gedung sekolah yang permanen sebagai kegiatan proses belajar mengajar. Pada tahun ajaran ini terdapat 332 murid yaitu murid kelas I, II, dan III. Dengan menempati gedung ini SDK Sang Timur menunjukkan peningkatan yang bagus secara kuantitatif maupun kualitatif. Di gedung yang nyaman ini sudah membuktikan bahwakegiatanbelajarmengajar dapat berlangsung dengansuasana yang kondusif.

SDK Sang Timur telah berhasil melululuskan pertama kali sebanyak 74 siswa yaitu pada tahun 1996. Pada usia yang ke-20 tahun, sekolah yang pernah dipimpin oleh 8 kepala sekolah ini, sudah berhasil mengantarkan anak-anak ke jenjang pendidikan lebih tinggi sebanyak 15 angkatan. Hingga pada akhir tahun pelajaran 2009/2010, Sang Timur sudah meluluskan 2.321 siswa.

Source http://sangtimurpusat.org http://sangtimurpusat.org/2010/11/11/profil-sdk-sang-timur-tangerang/
Comments
Loading...