Sejarah SD Negeri Ngupasan

0 177

SD Negeri Ngupasan

Gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri Ngupasan didirikan pada 1920. Sejak tahun 1950 bangunan tersebut digunakan sebagai Sekolah Dasar Ngupasan I dan II hingga sekarang. Bangunan peninggalan kolonial Belanda ini berdenah persegi panjang dan menghadap ke selatan. Bangunan memiliki beberapa ruang kelas dan ruang kantor. Semua kelas bentuk dan modelnya sama.

Atap gedung SD Negeri Ngupasan berbentuk limasan dengan bahan genteng. Bangunan terkesan rendah karena atap dengan teras menjadi satu. Teras bagian depan di sisi atas berhiasan geometrik dan mempunyai ventilasi udara.

Pintu dan jendela terbuat dari dua jenis bahan. Pada bagian atas terbuat dari kayu dan pada bagian atas terbuat dari kaca. Di atas pintu terdapat ventilasi udara, di samping itu terdapat dua jendela kaca berteralis. Dinding tembok dan dinding bagian bawah menggunakan keramik warna biru. Bangunan ini belum banyak mengalami perubahan.

SD Negeri Ngupasan terletak di Jalan Reksobayan 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta. Bangunan SD Negeri Ngupasan I dan II ditetapkan sebagai Cagar Budaya melalui Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia No. PM25/ PW. 007/ MKP/ 2007 tanggal 26 Maret 2007.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/sekolah-dasar-negeri-ngupasan/
Comments
Loading...