Sejarah SD Negeri Malabar II Bandung

0 107

Lokasi SD Negeri Malabar II

SD Negeri Malabar II terletak di tengah perbukitan yang dipenuhi tanaman teh milik Perkebunan Teh Gunung Malabar, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sejarah SD Negeri Malabar II

SD Negeri Malabar II sebuah bangunan yang berbentuk panggung, terbuat dari bilik bambu kusam, berlantaikan kayu jati, dan beratapkan seng. Meski sudah tua, bangunan itu tetap bisa berfungsi sebagai tempat belajar sejumlah murid sekolah dasar di sana.

Bangunan tersebut dibangun sekira tahun 1901 oleh Karel Albert Rudolf Bosscha, untuk memberi kesempatan kepada kaum pribumi, khususnya anak-anak karyawan dan buruh di perkebunan teh Malabar agar mampu mengenyam pendidikan setingkat sekolah dasar empat tahun.

Sekolah panggung warisan Bosscha itu memiliki empat ruangan belajar. Masing-masing kelas berukuran 5 x 6 meter. Dulu cara belajar murid di kelas cukup dengan menggelar tikar di atas lantai kayu jati, dengan menggunakan sabak dan gerip. Bosscha, kata Kosasih, sangat memerhatikan kemajuan pendidikan dasar. Hal itu dibuktikannya dengan menanggung seluruh keperluan dan sarana pendukung kegiatan belajar-mengajar. Pada saat itu, tak seorang murid pun yang dikenakan biaya sekolah karena semuanya sudah ditanggung oleh Bosscha.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2018/01/wisata-sejarah-di-kabupaten-bandung-jawa-barat/
Comments
Loading...