Sejarah Sanghyang Tikoro Jawa Barat

0 197

Lokasi Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro terletak di Jl. PLTA Saguling, Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 43283.

Arti Sanghyang Tikoro

Arti dari Sanghyang Tikoro, namanya memang terdengar istimewa. Sanghyang, berasal dari kata Sang dan Hyang. Sang adalah kata sandang yang digunakan oleh orang-orang Sunda dulu untuk menghormati seseorang atau sesuatu. Sementara Hyang adalah sebutan untuk keberadaan spiritual tak kasat mata yang memiliki kekuatan supranatural.

Jadi kata sanghyang bisa diartikan sebutan untuk menghormati seseorang atau sesuatu yang dianggap suci. Sementara Tikoro adalah basa Sunda yang berarti tenggorokan. Ini mungkin untuk menggambarkan tempat tersebut yang berupa sungai bawah tanah yang mengalir melalui rongga-rongga, seperti tengorokan.

Sejarah Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro menjadi istimewa karena dikaitkan dengan kisah surutnya danau purba yang melingkupi cekungan Bandung, sekitar 20 – 30 juta tahun yang silam. Anda pasti tahu cerita Sangkuriang dan Gunung Tangkuban Perahu. Dalam legenda tersebut diceritakan bahwa dalam rangka memenuhi permintaan tak masuk akal dari Dayang Sumbi, Sangkuriang dibantu para jin membendung sungai Citarum hingga membentuk sebuah danau yang sangat besar.

Nah, konon, setelah Sangkuriang marah karena merasa ditipu dan menendang perahu sampai tertelungkup hingga membentuk Gunung Tangkuban Perahu, danau tersebut perlahan-lahan bocor. Menurut penelitian ilmiah, cekungan Bandung, dahulu memang berupa danau besar. Danau tersebut kemudian bobol sehingga membentuk daratan yang kini menjadi wilayah Bandung. Dan diduga, lokasi bocornya Danau Purba yang akhirnya membentuk cekungan yang menjadi wilayah Bandung (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi) sekarang adalah ya di Sanghyang Tikoro ini.

 

Source Sejarah Sanghyang Tikoro Jawa Barat Jawa Barat
Comments
Loading...