Sejarah Rumah Sakit Umum Majene

0 116

Rumah Sakit Umum Majene

Rumah Sakit Umum Majene diresmikan pada tanggal 18 Maret 1987 oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dr. Suwarjono Suryaningrat bertempat di RSU Bulukumba. Selanjutnya penyerahan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia kepada Gubernur KDH Tk.I Sulawesi Selatan No. 189/MENKES/BA/III/1987 tanggal 09/II/1987. Penyerahan perlengkapan dari Gubernur KDH Tk.I Sulawesi Selatan Kepada Pemerintah Kabupaten Majene No.109/III/1987 Tentang Penyerahan Bangunan Rumah Sakit Umum Daerah Type D beserta Perlengkapan / Peralatan Kesehatan kepada Pemerintah Daerah Tingkat II Bulukumba dan Pemerintah Daerah Tingkat II Majene.

RSUD Majene dengan luas tanah 40.000m² terletak di Kecamatan Banggae yaitu salah satu dari 8 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Majene paska pemekaran. Kecamatan Banggae terdiri dari 82 kelurahan/desa dengan jumlah penduduk pada tahun 2013 sebesar 173.053 jiwa. Dengan luas perkotaan 5.515 km yang berada di posisi selatan Kab. Majene dengan jam tempuh sekitar 3 – 4 jam dari Ibukota Sulawesi Barat (Mamuju) yaitu ± 142 km.

Berdasarkan Keputusan Bupati Majene Nomor 1199/HK/KEP-BUP/IV/2014 tanggal 3 April 2014 tentang Penetapan Status Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) secara penuh pada RSUD Majene maka RSUD Majene yang beralamat di Jalan Poros Majene-Mamuju, ditetapkan sebagai RSUD dengan Penerapan PPK-BLUD Secara Penuh yang berlaku efektif mulai 1 Januari 2015 dan pelaksanaannya harus senantiasa berpedoman pada ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

RSUD Majene adalah unsur penunjang penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Majene di bidang pelayanan kesehatan yang mempunyai tugas melaksanakan upaya kesehatan secara berdaya guna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan, pemulihan yang dilaksanakan secara serasi, terpadu dengan upaya peningkatan serta pencegahan dan melaksanakan upaya rujukan.

Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Majene mempunyai tugas pokok: Melaksanakan Pelayanan Kesehatan (Caring) dan penyembuhan (Curing) penderita serta pemulihan keadaan cacat badan dan jiwa (Rehabilitation), serta melaksanakan upaya rujukan; menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai standar pelayanan rumah sakit. Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Majene pada tahun 2010 telah terakreditasi untuk 5 (lima) jenis pelayanan dengan predikat akreditasi Penuh Tingkat Dasar, yakni; Administrasi dan Manajemen, Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Medik, Pelayanan Keperawatan dan Rekam Medik.

Berdasarkan Keputusan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Nomor : KARS-SERT/352/II/2017 tanggal 10 Februari 2017 tentang Pengakuan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Majene telah memenuhi Standar Akreditasi Rumah Sakit Tingkat Perdana.

Source https://rsudmajene.com https://rsudmajene.com/sejarah-singkat-rsud-majene/
Comments
Loading...