Sejarah Rumah Sakit Tembakau Deli

0 144

Rumah Sakit Tembakau Deli

Rumah Sakit yang terletak di Jalan Putri Hijau, Kelurahan Kesawan, Kota Medan, kini nasibnya sangat memprihatinkan. Jadi Rumah Sakit Tembakau Deli tersebut dibangun pada tahun 1885 yang menjadi pemrakarsanya adalah Mr. Ingermann yang menjabat sebagai Manager Deli Maatschapaij yang menjadi pengusaha perkebunan tembakau Deli yang membawahi sekitar 75 daerah perkebunan di Sumatera Timur.

Pembangunan Hospital Deli Maatschapaij atau Rumah Sakit Tembakau Deli dibangun setelah produksi tembakau meledak dipasaran Eropa, dan merupakan rumah sakit pertama di Medan.

Awalnya Rumah Sakit Tembakau Deli hanya menangani pasien yang berpenyakit ringan. Pada tahun 1901, kembali dibangun satu gedung besar untuk pasien penderita penyakit parah. Kemudian pada tahun 1915 Rumah Sakit Deli Maatschapaij ditetapkan sebagai rumah sakit laboratorium penyakit tropis.

Pada perkembangannya rumah sakit Deli Maatschapaij berubah nama menjadi Rumah Sakit Tembakau Deli yang berada dibawah naungan PTPN II (Persero).

Seiring perkembangan waktu, pada tahun 2011 Rumah Sakit Tembakau Deli tersebut berhenti beroperasi dan ditetapkan sebagai Cagar Budaya oleh Pemerintah Kota Medan.

Walaupun sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya, perawatan dan penjagaan situs sejarah tersebut tidak sesuai dengan keinginan. Terlihat kondisi bangunan tersebut tidak terurus dan kini memprihatinkan.

Source http://www.jurnalasia.com http://www.jurnalasia.com/medan/situs-sejarah-rumah-sakit-tembakau-deli-kian-terbengkalai/
Comments
Loading...