Sejarah Rumah Sakit Pertumbukan

0 127

Rumah Sakit Pertumbukan

Terletak di Desa Pisang Pala, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Rumah sakit ini berawal dari Serdang Doctor Fonds, mulai dibangun pada tahun 1905 dan selesai serta beroperasi pada tahun 1913, sebagai wadah gabungan 31 kebun dan unit dari perusahaan Rubber Cultuur Maatschappij Amsterdam (RCMA), Perkebunan Harrison & Crossfield, Perkebunan SIPEF dan Deli Spoorweg Maatschappij di daerah Serdang.

Dalam sejarahnya rumah sakit ini beberapa kali ganti nama, Central Hospitaal Petoemboekan, kemudian menjadi RS PN. Perkebunan V Petumbukan berganti lagi menjadi RS PT. Perkebunan V Petumbukan, dan akhirnya menjadi Rumah Sakit PTPN III Petumbukan sampai ditutupnya rumah sakit ini pada tahun 2002.

Riwayat rumah sakit ini berawal dari Serdang Doctor Fonds yang berdiri tahun 1905 sebagai wadah gabungan 31 kebun dan unit dari perusahaan Rubber Cultuur Maatschappij Amsterdam (RCMA), Perkebunan Harrison & Crossfield, Perkebunan SIPEF dan Deli Spoorweg Maatschappij di daerah Serdang. Mulai dibangun pada tahun 1905 dan selesai serta beroperasi pada tahun 1913.

Pendirian rumah sakit ini awalnya dimaksudkan untuk melayani kesehatan dari para pekerja perkebunan serta meminimalisasi biaya kesehatan, selain daripada itu pembangunannya juga bertujuan untuk efisiensi pembangunan sarana kesehatan karena letak kebun dan unit antara ketiga perkebunan besar ini berdekatan jaraknya. RS Petumbukan berdiri dilahan OK Tousa atau Datuk Tousa ; Datuk Kedatukan Petumbukan Urung Batak Timur yang merupakan bagian dari Kesultanan Serdang dengan cara pinjam pakai yang oleh karenanya kepemilikan lahan berkelanjutan kepada ahli warisnya.

Transaksi Jual Beli antara OK Tousa dengan Serdang Doctor Fonds dilakukan pada tanggal 20 Maret 1913. OK Tousa telah membuat perjanjian dengan Serdang Doctor Fonds mengenai pemakaian tanah seluas 6,5 ha untuk pendirian Rumah Sakit Petumbukan dan perjanjian ini dikenal dengan istilah “Verkaufs Vertrag”, dimana dalam perjanjian ini mengatur beberapa hal ; antara lain apabila rumah sakit ini sudah tidak beroperasi lagi maka lahan tersebut dikembalikan kepada keluarga ahli waris serta kompensasi berobat secara cuma-cuma kepada keluarga OK Tousa beserta ahli warisnya selama rumah sakit ini masih beroperasi.

Source http://plantersclub.blogspot.com http://plantersclub.blogspot.com/2012/12/rumah-sakit-petumbukan_2.html
Comments
Loading...