Sejarah Rumah Sakit Mata Dr. Yap Yogyakarta

0 205

Lokasi Rumah Sakit Mata Dr. Yap

Rumah sakit ini terletak di Jalan Cik Di Tiro No. 5 Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi rumah sakit ini berada di sebelah utara BRI Cabang Cik Di Tiro, dan tidak begitu jauh dari Rumah Sakit Panti Rapih.

Sejarah Rumah Sakit Mata Dr. Yap

Rumah Sakit Dr. Yap

Keberadaan rumah sakit ini tidak lepas dari prakarsa dan usaha dari Dr. Yap Hong Tjoen. Dr. Yap adalah anak muda Tionghoa kelahiran Yogyakarta 30 Maret 1885.  Pada tanggal 29 Mei 1923 rumah sakit mata ini diresmikan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Dirk Fock, yang mendapat kuasa dari Ratu Belanda. Rumah sakit mata tersebut kemudian diberi nama Prinses Juliana Gasthuis voor Ooglijders, yang artinya Rumah Sakit Mata Putri Juliana untuk Penderita Penyakit Mata. Selain itu, Rumah Sakit mata ini juga sering disebut Rumah Sakit CVO, oleh CVO sendiri dr. Yap Hong Tjoen diangkat sebagai direktur.

Untuk melanjutkan cita-citanya dan melaksanakan tujuan pendirian CVO (pasal 2 stauten v/d CVO, tentang tujuan pada butir (d), yaitu memperbaiki penyandang tunanetra), maka pada tanggal 12 September 1926, dr. Yap Hong Tjoen mendirikan sebuah lembaga yang diberi nama Stichting Voerstenlandsch Blinden Instituut. Lembaga ini bertujuan memberikan keterampilan kepada penyandang tunanetra yang berasal dari berbagai pelosok pedesaan.

Pada tahun 1927 Voerstenlandsch Blinden Instituut mendirikan panti perawatan dan pendidikan keterampilan bagi penyandang tunanetra. Panti ini kemudian diberi nama Balai Mardi Wuto. Melalui Akta Notaris No. 53 tanggal 17 Juni 1949 dihadapan Notaris J. Hofstade di Semarang, dr. Yap Hong Tjoen menyerahkan kuasa sepenuhnya kepada putranya dr. Yap Kie Tiong. Selama kepemimpinan dr. Yap Kie Tiong sampai beliau wafat tanggal 9 Januari 1969.

Setelah dr. Yap Kie Tiong tiada, Rumah Sakit Mata Dr. Yap sempat mengalami kekosongan pimpinan sehingga mempengaruhi kelangsungan kegiatan rumah sakit. Kemudian dibentuklah yayasan penyantun Rumah Sakit Mata Dr. Yap Prawirohusodo sebagai pengelola Rumah Sakit Mata Dr. Yap.

Pada tanggal 1 Agustus 2002 Yayasan Rumah Sakit Mata Dr. Yap Prawirohusodo berubah menjadi Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo sampai sekarang. Yayasan inilah yang mengkoordinir Rumah Sakit Mata Dr. Yap dan Badan Usaha Sosial Mardi Wuto.

Source Rumah Sakit Dr. Yap Yogyakarta
Comments
Loading...