Sejarah Rumah Sakit Kayu Aro

0 106

Rumah Sakit Kayu Aro

Banyak peninggalan dari kolonial Belanda yang masih bisa dilihat di Kayu Aro. Salah satunya rumah sakit Kayu Aro yang kini malah dijadikan sebagai poliklinik akibat perpindahan dalam manajemen. Rumah sakit kayu aro ini berada di kawasan tidak jauh dari lokasi pabrik BDVIII. Pendirian rumah sakit ini telah didirikan sejak tahun 1935 dimasa kolonial Belanda. Latar belakang pendirian rumah sakit itu memang menyesuaikan dengan perubahan zaman atau sistem pemerintahan saat itu. Munculnya para pemilik modal serta aturan dalam melindungi para pekerja maka didirikan lembaga-lembaga yang bisa digunakan oleh masyarakat sekitar khususnya rumah sakit. Singkatnya memasuki masa liberal telah menerapkan aturan hak-hak yang jelas bagi penduduk nusantara. maka dari itu pembangunan sentral pendidikan, kesehatan, pembangunan lain adalah wujud system tersebut.

Keberadaan Rumah Sakit PTPN VI memang masih memakai gaya gedung yang lama dan asri. Tidak terkesan dengan menampilkan modern building rumah sakit saat ini. Namun tetap mempertahankan gaya rumah sakit dengan bangunan lama. Walaupun seperti itu ketergantungan masyarakat terhadap rumah sakit ini tetap menjadi tempat utama bagi masyarakat sekitar, khususnya bagi para pekerja perkebunan itu sendiri.

Maka sebuah kesempatan yang besar sekiranya bagi penggun maupun pengunjung tetap bisa menikmati rumah sakit tempo doloe yang masih eksis hingga sekarang. Letak yang strategis serta dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri tentu memberikan kekuatan dalam memberikan kesembuhan secara alami. Sedangkan bagi para wisatawan yang berniat berkunjung bisa menikmati pemandangan alam serta keunikan bangunan serta struktur lama rumah sakit tempo doloe ini.

Source http://priedn.blogspot.com http://priedn.blogspot.com/2013/01/perjalanan-meniliki-peninggalan-hidup.html
Comments
Loading...