Sejarah Rumah Sakit Islam Pati

0 29

Rumah Sakit Islam Pati

Tahun 1987 di Ngemplak Kidul Margoyoso dioperasikan rumah bersalin (RB) Muslimat NU dengan kapasitas 10 tempat tidur. Rumah Bersalin yang bertempat di tanah milik Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) Kajen ini adalah salah satu dari unit-unit pelayanan kesehatan yang dikelola Yayasan kesejahteraan Muslimat (YKM) NU pati.

Seiring perkembangan wawasan kesehatan masyarakat, Rumah Bersalin ini lambat laun dirasa tidak lagi mencukupi kebutuhan pelayanan kesehatan yang makin meningkat. Karena itu, sejak 1988 pengembangan rumah bersalin ini menjadi rumah sakit mulai digagas dan direncanakan.

Pulang dari perjalanan haji, tujuh orang jemaah haji Kabupaten Pati tahun 1989 dan dua tokoh masyarakat menggagas bakti nyata bagi masyarakatnya. Setelah melalui debat dan diskusi-diskusi singkat, maka bisa difahami bahwa yang sangat dibutuhkan masyarakat adalah unit pelayanan kesehatan yang Islami.

Perbincangan kelompok ini dengan berbagai unsur masyarakat semakin memantapkan ide untuk mendirikan Rumah Sakit Islam. Gagasan ini kemudian disampaikan kepada K.H. MA. Sahal Mahfudh dan akhirnya disepakati untuk menyatukan ide kelompok ini dengan kebutuhan pengembangan Rumah Bersalin yang telah diselesaikan YKM NU Pati.

Panitia pembangunan Rumah Sakit Islam Pati dibentuk dibawah naungan YKM NU Pati dengan merangkum seluruh unsur umat Islam Pati pada tahun 1989 dan segera bekerja keras menggali dan mengumpulkan potensi ide dan dana dari seluruh lapisan masyarakat. Sinergi seluruh kalangan ini berhasil sangat baik, kurang lebih 4 tahun kemudian, tepatnya 29 Maret 1994, Rumah Sakit Islam Pati melakukan soft opening dan mulai melayani masyarakat. Pembukaan resmi dilakukan pada tanggal 9 April 1994.

Saat diresmikan, Rumah Sakit Islam Pati memiliki daya untuk menampung kebutuhan rawat inap bagi 38 pasien, melayani kebutuhan Operasi, Laboratorium, Farmasi, dan beberapa kebutuhan penunjang lainnya, disamping itu tentu saja, melayani keperluan rawat jalan. Sedikit demi sedikit kepedulian berbagai pihak (perorangan, perusahaan, organisasi swasta, instansi pemerintahan) melengkapi fasilitas rumah sakit ini.

Source http://www.rsipati.com http://www.rsipati.com/sejarah-rumah-sakit-islam-rsi-pati/
Comments
Loading...