Sejarah Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta

0 1.287

Lokasi Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta

Rumah sakit Bethesda ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 70 Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta

Sejarah Rumah Sakit Bethesda tidak dapat dilepaskan dari dinamika zending yang ada di Yogyakarta. Dalam catatan pada Repertorium van Nederlandse zendings- en missie-archieven 1800-1960 diterangkan bahwa, rumah sakit yang dibangun di Yogyakarta itu merupakan rumah sakit yang memberikan layanan kesehatan guna mengembangkan misi gereja, yang pada waktu itu dikenal dengan Gereformeerde KerkenGereformeerde Kerken, atau lengkapnya Christelijke Gereformeerde Kerken, adalah suatu kelompok gereja Kristen Protestan di Belanda, yang dalam bahasa Inggris disebut Christian Reformed Churches in the Netherlands.

Ryadi Goenawan dan Darto Harmoko dalam bukunya Sejarah Sosial Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta: Mobilitas Sosial DI. Yogyakarta Periode Awal Abad Duapuluh (1993) menjelaskan bahwa sejak kebangkitan gerakan zending itu, pada tahun 1897 perkembangan agama Kristen di Yogyakarta semakin pesat. Hal ini berkat usaha seorang dokter berkebangsaan Belanda bernama dr. Jan Gerrit Scheurer. Sebelumnya, ia pernah membuka praktek dokter di Gilingan, Solo (1895-1896) bersama istrinya yang bernama Geriitjen van de Riet, dan dibantu oleh Yoram, Sambiyo Reksohusodo dan Kalam Efrayim. Di dalam rumah sewanya itu, kamar makan dirombak menjadi kamar bedah, meja makannya digunakan untuk meja operasi atau bedah.

Sebelum memeriksa orang sakit, lebih dahulu dibacakan Alkitab dan berdoa. Tiap hari Minggu diadakan kumpulan untuk merenungkan Firman Tuhan dengan tanya jawab. Dr. Jan Gerrit Scheurer dan pembantu-pembantunya bekerja giat dilandasi sifat kasih sayang.

Ketika Residen Surakarta, Hora Siccama mengetahui bahwa dr. Jan Gerrit Scheurer juga memberitakan Injil, izin praktek pun dicabut. Ia pun kemudian pindah ke Purworejo lagi. Tapi kemudian ia mendapat kepercayaan dari Sinode Middelburg untuk membangun sebuah rumah sakit di Yogyakarta. Sebuah yayasan yang disebut “Rumah Sakit Dr. Scheurer” didirikan dengan dukungan penuh dari tokoh Gereformeerde terkemuka, seperti Abraham Kuyper dan dr. F.L. Rutgers.

Source Sejarah Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta Jogja
Comments
Loading...