Sejarah Rumah Kapitan Tjoa

0 209

Rumah Kapitan Tjoa

Kampung Kapitan telah melegenda dan dikenal luas oleh masyarakat di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Rumah Kampung Kapitan merupakan kawasan perkampungan di pinggir Sungai Musi dengan luas sekitar 20 hektare persegi, yang pada abad ke-14 merupakan tempat tinggal perwira etnis Tiongkok, Kerajaan Dinasti Ming bernama Tjoa.

Kapitan Tjoa diperdaya oleh Belanda dalam mengatur kawasan tersebut setelah runtuhnya Kerajaan Sriwijaya pada pada masa itu. Kapitan Tjoa tinggal di rumah yang kental dengan gaya arsitektur Tiongkok, dipadukan dengan adat istiadat Palembang yakni rumah limas, berdiri megah di pinggir Sungai Musi kawasan 7 Ulu Palembang tidak jauh dari samping Jembatan Ampera.

Bangunan rumah bersejarah itu, awalnya terdiri atas tiga bangunan yang tergolong unik yakni bangunan utama merupakan rumah tinggal Kapitan Tjoa yang menghadap persis ke Sungai Musi dan Beberapa peninggalan isi dalam ruangan rumah bersejarah itu seperti beberapa meja dan altar yang digunakan untuk beribadah serta beberapa foto Kapitan Tjoa dari keturunan ke-10 yang bisa dilihat oleh para pengunjung yang berwisata ke Kampung Kapitan.

Source https://www.aktual.com https://www.aktual.com/bangunan-bersejarah-rumah-kapitan-palembang-perlu-perhatian-pemerintah/
Comments
Loading...