Sejarah Rumah Besar Loendjoe Palangkaraya

0 62

Rumah Besar Loendjoe

Bangunan bersejarah di Palangkaraya pertama ialah Rumah Besar Loendjoe, bangunan bersejarah ini terletak Kecamatan Kapuas Barat, Kuala Kapuas, tepatnya berlokasi di Desa Mandomai. Rumah Besar Loendjoe merupakan sebuah rumah yang menerjemahkan tentang kehidupan suku dayak Ngaju pada masa silam, bangunan ini sering juga disebut Humai Hai. Bangunan ini memang terlihat berbentuk satu bangunan fisik, namun tahukah anda ternyata di dalamnya terdapat satu kesatuan sosial yang bahkan memiliki satu orang pemimpin yang di sebut dengan Tetua Rumah Besar (Bakas Huma). Bakas Huma memimpin beberapa keluarga yang hidup di dalamnya.

Bangunan Humai Hai di sebut sebagai Rumah Besar Loendjoe dikarenakan rumah besar ini dibangun oleh orang yang bernama Moeses Loendjoe dan keluarganya pertama kali pada tahun 1907. Dalam sekilas rumah ini terlihat seperti peleburan budaya dari Rumah Betang, yaitu rumah adat khas suku dayak yang ada di Kalimantan Tengah. Pada awal pembangunannya, Rumah Besar Loendjoe mengikuti trend transisi budaya Kolonial Belanda hanya saja dipadukan dengan konsep Rumah Betang suku dayak Kalimantan Tengah.

Source http://www.disainrumahminimalismodern.com http://www.disainrumahminimalismodern.com/2017/08/bangunan-bersejarah-di-palangkaraya.html
Comments
Loading...