Sejarah RSU ELIM Rantepao – Toraja Utara

0 35

RSU ELIM Rantepao – Toraja Utara

RSU ELIM Rantepao – Toraja Utara adalah rumah sakit tertua di Tana Toraja/Toraja Utara dan telah melayani sejak berdirinya pada tahun 1929 oleh pemerintah Belanda ( Zelf Bestuur Luwu’). Sejak berdirinya, seluruh pelayanan dipercayakan kepada Gereformeerde Zendingsbon. Pada tanggal 10 Oktober 1935, Asistent Resident Luwu’, atas nama De Gouverneur menyerahkan Rumah Sakit Elim Rantepao kepada Gereformeerde Zendingsbon untuk dimiliki dengan membayar harga sebesar 8.182.25 golden kepada pemerintah. Demikian juga pada saat yang sama Pemerintah Belanda mengalihkan/menyerahkan kepemilikan Rumah Sakit Lepra Batulelleng kepada Gereformeerde Zendingsbon.

Pada zaman pendudukan Jepang Rumah Sakit Elim Rantepao diambil alih oleh Jepang, tetepi setelah Perang Dunia II, Jepang menyerah lalu Rumah Sakit Elim Rantepao kembali kepada pemiliknya Gereformeerde Zendingsbon (GZB).

Tahun 1947, pada saat Gereja Toraja berdiri, GZB menyerahkan semua asetnya kepada Gereja Toraja termasuk kepemilikan dan pengelolaan Rumah Sakit Elim Rantepao. Tetapi oleh karena Kab. Tana Toraja sedang memproses berdirinya Kabupaten Tana Toraja, maka Rumah sakit tersebut diambil alih oleh pemerintah, sebagai pemenuhan salah satu syarat berdirinya sebuah Kabupaten. Sejak dikelolah oleh Pemerintah Daerah, telah dapat dibangun: ruang laboratorium, perawatan Kebidanan, Radiologi, dan ruang operasi, tetapi bangunan-bangunan tersebut telah termakan usia.

Setelah berjuang selama 27 tahun maka pada tanggal 25 Pebruari 1991 Rumah Sakit Elim Rantepao dikembalikan kepada Gereja Toraja.

RSU ELIM Rantepao – Toraja Utara berdiri di atas tanah yang luasnya 18.000 M2, dengan luas banguan yang ada sekarang ini kurang lebih 9.000 m2 yang terdiri atas, ruang perkantoran, Laboratorium, Radiology, Gizi, Ruang Operasi, Ruang pemeriksaan, ICU, Ruang dokter dan Ruang perawatan dengan kapasitas 83 tempat tidur, sehingga masih cukup luas areal tanah yang tersedia di mana dapat dibangun bangunan baru (ruang perawatan).

RSU ELIM Rantepao – Toraja Utara telah melayani masyarakat selama 77 tahun, belum ada penambahan yang berarti terutama ruangan perwatan, sehingga ruangan yang ada, selain tidak cukup juga sudah termakan oleh usia. Mengamati kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan semakin meningkat, maka membangun bangunan baru untuk ruang perawatan pada lahan yang masih kosong mutlak diperlukan. Rumah Sakit Elim Rantepao adalah satu-satunya Rumah Sakit Umum yang berada di Bahagian Utara Kabupaten Tana Toraja, letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan.

Source https://welgo.id https://welgo.id/listing/rsu-elim-rantepao-toraja-utara/
Comments
Loading...