Sejarah Restoran Indischetafel Bandung

0 27

Restoran Indischetafel

DI Kota Bandung, banyak bangunan tua yang dimanfaatkan sebagai tempat usaha, khususnya bidang kuliner. Arsitektur bangunan tua seakan memiliki daya tarik sendiri untuk menggaet pelanggan. Selain itu, banyak juga yang memilih bangunan tua karena ingin mempertahankan dan menjaga bangunan-bangunan tersebut dari bahaya kepunahan.

Salah satu restoran yang menggunakan bangunan tua dan masih mempertahankan bentuk asli bangunannya adalah Restoran Indischetafel. Restoran yang memiliki moto ”Achter elk stukje een eigen verhaal” (dalam bahasa Indonesianya berarti ”Setiap detail punya cerita”) ini telah menyewa bangunan tua di kawasan Jalan Sumatera sejak 2008.

Sebelum digunakan oleh Indischetafel, bangunan yang diperkirakan awalnya berfungsi sebagai rumah perwira militer ini pernah dan kantor salah satu stasiun televisi lokal. Meskipun sudah beberapa beralih digunakan.

Hanya bagian teras dan ornamen-ornamen di dalamnya yang ditambahkan untuk memperkental suasana zaman dulu khas kolonial Belanda. Selain itu, nama-nama pada menu makanan Indischetafel pun ditulis dengan ejaan zaman dulu dan beberapa bahasa Belanda.

Bangunan yang dibangun sekitar 1885 ini memiliki konsep arsitektur Romantik Klasik. Facade depan didesain dengan bentuk pedimen yang unik. Seperti bangunan di kawasan perumahan militer lain, bangunan ini juga memiliki desain jendela yang menampilkan pendekatan terhadap alam lingkungan tropis.

Keunikan dari bangunan dan konsep restoran ini juga pernah membuat salah satu band ternama, Sarasvati, berfoto di Indischtafel untuk koleksi di album mereka. Banyak juga pengunjung yang menggunakan Indischetafel sebagai lokasi untuk foto pra-wedding.

Sebagai restoran yang menempati bangunan lama, Indischetafel pun mendapatkan penghargaan Bandung Heritage Award pada 2011. Plakat yang diberikan oleh Paguyuban Pelestarian Budaya ini dipasang di bagian depan restoran. Pada plakat tersebut tertulis, ”Bangunan ini adalah Cagar Budaya yang dilestarikan sebagai aset sejarah kota Bandung”.

Source http://info.pikiran-rakyat.com http://info.pikiran-rakyat.com/?q=info-kita/restoran-indischetafel
Comments
Loading...