Sejarah Pura Paluang Bali

0 223

Lokasi Pura Paluang

Pura Paluang terletak di Karang Dawa, Nusa Penida, Klungkung, Bali 80771, Bunga Mekar, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771.

Sejarah Pura Paluang

Cerita turun temurun tentang sejarah Pura Paluang Nusa Penida yaitu konon, dulunya seorang warga Karang Dawa ingin membuka lahan perkebunan di tempat ini. Saat proses pengerjaannya terdapat sebongkah batu karang besar yang harus dipindahkan ke tempat lain. Setelah dipindahkan, esok harinya batu ini kembali ke tempat semula dan berulang kali terjadi. Lalu ada suatu petunjuk niskala untuk mendirikan sebuah pelinggih di tempat itu yang berada di atas bukit karang dan bersebelahan dengan jurang yang sangat curam. Pura itu adalah Pura Paluang.

Dengan berjalannya waktu ada Pawisik Ida yang melinggih di pura tersebut yaitu Ratu Gede Sakti Hyang Mami meminta agar masyarakat setempat membuatkan pelinggih mobil, karena beliau di alam niskala memiliki kendaraan berupa mobil. Mobil jimmy lah yang merupakan pelinggih dari Ratu Gede Sakti Hyang Mami. Dimana di dalam pelinggih mobil Jimmy terdapat 2 arca lanang istri yang diyakini warga setempat sebagai manifestasi Ida Bhatara yang melinggih yaitu Ida Bhatara Ratu Gede Ngurah dan Hyang Mami. Sementara mobil VW Beatle merupakan mobil dari pengikut atau anak-anak beliau.

Menurut cerita, saat malam hari warga setempat sering mendengar suara deru dan klakson mobil dengan sinar yang terang dan kecepatan tinggi menuju arah barat laut. Namun deru itu hanya sepintas saja dan sudah tidak tampak lagi ke mana perginya. Pelinggih mobil di Pura Paluang ini diceritakan sudah ada sejak 300 tahun yang lalu. Padahal mobil VW beatle dari Jerman itu diproduksi tahun 1938-2003.

Di Pura Paluang mobil VW Beatle ini berwarna emas pada kap, dan coklat kekuningan di bagian bodi. Bannya juga dicat serupa. Ada tiga lubang kotak pada bagian pengemudi yaitu jendela depan, dan dua pintu masuk. Plat nomor mobil ini KD 013. Sementara mobil Jimmy bercat merah. Ada dua lubang pintu, yaitu pada sisi kanan dan kiri, di dalamnya terdapat patung sebagai simbol pengemudi. Kaca depan mobil tertutup, tapi pada kedua sisinya terdapat dua naga berwarna hijau emas. Plat mobil ini ialah DK 28703 GL.

Plat mobil VW KD 013 yang memiliki arti Karang Dawa dan tahun pembugaran pelinggih tersebut pada tanggal 01-01-2013. Dan plat mobil Jimmy DK 28703 GL. DK merupakan plat nomor kendaraan untuk Provinsi Bali, 28-7-2003 merupakan tanggal pembugaran dan GL berarti Gunung dan Lebah (jurang).

Dulunya bangunan berbentuk mobil ini dibuat dengan menggunakan kayu yang dibentuk menyerupai sebuah mobil. Tetapi karena kayunya sudah mulai keropos dengan ukuran, bentuk dan desain bangunannya yang tetap dan tidak diubah, pelinggih ini pun direnovasi ulang dengan menggunakan batu agar lebih tahan lama.

Source http://nusapenida.id/ http://nusapenida.id/pura-paluang-nusa-penida/
Comments
Loading...