Sejarah PT. Sang Hyang Seri (Persero) Subang

0 425

Lokasi PT. Sang Hyang Seri (Persero)

PT. Sang Hyang Seri (Persero) terletak di Kecamatan Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sejarah PT. Sang Hyang Seri (Persero)

PT Sang hyang seri (SHS) yang merupakan perusahaan Agroindustri dahulunya milik perusahaan swasta Kolonial Inggris yang memperoduksi tepung tapioka saat bercokol di Subang pada tahun 1940 dengan nama perusahaan Pamanoekan & Tjiasemlanden, tahun 1971 Sang hyang seri menjadi perusahaan umum (Perum) yang mengembangkan pembibitan benih padi Jawa Barat.

Di dalam kawasan Perum Sang hyang seri terdapat banyak bangunan bersejarah peninggalan kolonial Inggris berupa bangunan pabrik dan rumah klasik gaya campuran eropa dan melayu yang masih digunakan untuk tempat tinggal dan perkantoran, namun sayang akibat kurang perawatan rumah bersejarah peninggalan penjajah Inggris ini banyak yang rusak karena tidak terawat, bangunan klasik yang penuh estetika ini terlihat banyak yang rusak bagian atapnya, di sisi lain banyak rumah peninggalan penjajah ini kosong tidak berpenghuni membuat keberadaan rumah klasik ini terancam roboh.

PT Sang Hyang Seri (Persero) (SHS) adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang pertanian, khususnya dalam penyediaan benih. Selain perbenihan, PT Sang Hyang Seri juga bergerak dalam penyediaan sarana produksi pertanian, pengolahan hasil pertanian, serta penelitian dan pengembangan. Kepemilikan saham Sang Hyang Seri sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia.

SHS berawal dari sebuah perusahaan perkebunan swasta asing Inggris, “Pamanukan & Tjiasem Lands”, yang berdiri tahun 1940. Kemudian dinasionalisasi pada tahun 1957 dan dikelola oleh Yayasan Pembangunan Daerah Jawa Barat (YPDB). Sang Hyang Seri dibentuk berdasarkan PP No. 22 Tahun 1971, yang disempurnakan dengan PP No. 44 Tahun 1985. Kemudian berdasarkan PP No. 18 Tahun 1995, didirikan PT. Sang Hyang Seri (Persero).

Source Sejarah PT. Sang Hyang Seri (Persero) Subang Jawa Barat
Comments
Loading...