Sejarah Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin

0 23

Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin

Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin di dirikan pada tahun 1960 oleh KH M. Basyuni (Alm.) bersama adiknya KH. Much.Hasan (Alm). Setelah 15 tahun menimba ilmu di daerah Banjarnegara, meliputi Dawuhan, Purwonegoro dan kemudian dilanjutkan di Tanggir, Lasem, dan Pondok Pesantren lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Beliau merintis dari bawah, sampai Pada tahun 1964 M Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin mulai dibangun, gayung bersambut masyarakat bergandeng tangan secara bersama untuk mendirikan bangunan tersebut guna mewujudkan kesadaran disamping orang tuanya harus mengaji, anak-anaknya juga harus mengaji.

Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin terus berkembang, jumlah santri yang ditampung semakin banyak, sarana pendukung berupa fasilitas bangunan pun bertambah. Jika pada tahun-tahun pertama Pondok Pesantren ini hanya menempati satu lokal bangunan bahkan ada yang menempati rumah kediaman pengasuh, pada tahun 1971 M bangunan bertambah sehingga memiliki dua lokal bangunan tempat belajar mengajar sekaligus tempat tinggal santri. Demikian pula dalam hal pendidikan yang semula santri hanya mengaji kepada Romo Kyai, maka pada tahun-tahun berikutnya sudah diterapkan pendidikan secara terstruktur yang disebut dengan madrasah diniyyah.

Maka sejak itulah Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin menggunakan nama “ Al Ma’had Wal Madrosah Ad Diniyyah Tanbihul Ghofiliin “ yang maksudnya Pondok Pesantren sekaligus madrasah diniyyah. Beliau berdua merintis dari bawah, meskipun berbagai cobaan datang silih berganti, Ketika mulai berkembang KH. M. Basyuni dipanggil Alloh SWT, Beliau Wafat pada tahun 1997 M. , dan Pondok Pesantren di asuh sendiri oleh KH. M. Hasan. Perkembangan dan kemajuan pesantren semakin cukup pesat.

Source http://nahdlatululama.id http://nahdlatululama.id/blog/2017/04/24/pesantren-tanbihul-ghofiliin-banjarnegara-cetak-santri-salaf-dakwah-dan-mandiri-2/
Comments
Loading...