Sejarah Pondok Pesantren Ma’hadut Thalabah

0 85

Pondok Pesantren Ma’hadut Thalabah

Pondok Pesantren Ma’hadut Thalabah Babakan didirikan secara resmi pada tahun 1916 M/ 1336 H. oleh KH. Mufti bin Salim bin Abdur Rahman, seorang ulama asal Balapulang Kabupaten Tegal. Beliau di ambil menantu oleh kyai Sulaiman, seorang Bekel (Kepala Desa) Jatimulya yang dikenal kaya raya di wilayah kecamatan Lebaksiu saat itu.

KH. Mufti bin Salim bin Abdur Rohman, telah mulai merintis kegiatan pesantren ini sejak tahun 1913 M, yakni dengan membuka kegiatan pengajian umum di masjid jami’ dukuh Babakan yang di ikuti oleh 12 orang dari lingkungan Babakan.

Ketika kegiatan sudah berjalan 2 tahun dan peserta kegiatan mulai bertambah banyak, maka pada tahun 1916 M, beliau mulai mengembangklan kegiatan keagamaanya,dengan membangun sebuah mushola di ujung selatan pedukuhan Babakan yang merupakan sentral seluruh kegiatan keagamaan yang di pimpin beliau. Sedangkan para peserta pengajian yang berminat untuk bermukim, mereka membangun sendiri tempat pemukiman sejumlah 4 kamar yang masing – ukuran 3 x 2 m2. dengan lokasi di sebelah selatan musholla. Sejak saat itulahtempat aktifitas keagamaan ini di kenal dan di kukuhkan sebagai Pondok Pesantren Ma’hadut Thalabah.

Source http://zaelanimusonif17.blogspot.com http://zaelanimusonif17.blogspot.com/2013/05/pondok-pesantren-mahadut-tholabah.html
Comments
Loading...