Sejarah Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Tulungagung

0 96

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin atau yang akrab di sebut PPHM merupakan salah satu sumbangsih dan wadah bagi pendidikan Islam di Indonesia yang mempelajari khasanah ilmu-ilmu agama yang bernuansa salafi (kuno), wadah ini juga sebagai sarana untuk mendewasakan kemandirin bangsa dalam ilmu agama, sosial, sejarah dll serta nantinya dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat pada umum, itulah tujuan dari PPHM NGUNUT.

Pesantren yang berlokasi di Jl. Raya 1 No. 34 Ngunut kabupaten Tulungagung ini awalnya adalah sebuah musholla kecil yang didirikan sekitan tahun 1953 oleh mbah Surip, yang tak lain atas permintaan dari anak angkatnya sendiri (KH. Ali Shodiq Umman) yang ketika itu masih menyelesaikan study pondok pesantrennya di Jampes Kediri.

Di Musholla ini pada tahun 1966 awal mula beliau mengawali pengajian kitab di bulan Ramadhan atau yang biasa di sebut ngaji pasan yang diikuti oleh 50 santri Lirboyo, dan setelah itu tahun 1967 yang bertepatan pada 21 Rajab 1368 H, KH. Ali Shodiq Umman resmi memutuskan untuk mendirikan suatu pondok pesantren yang diberi nama Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin. Nama Hidayatul Mubtadiin sendiri merupakan nama yang diambil dari pondok Pesantren Lirboyo tempat KH. Ali Shodiq Umman belajar semasa di pesantren, dengan maksud supaya tafa’ulan atau supaya nantinya pondok pesantren yang baru dibangun di Ngunut ini dapat besar dalam segala hal seperti pondok pesantren Lirboyo.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/31479/pesantren-hidayatul-mubtadiien-tulungagung.html
Comments
Loading...