Sejarah Pondok Pesantren Ar-Raudhah

0 129

Pondok Pesantren Ar-Raudhah

Pondok Pesantren “Ar-Raudhah” yang berlokasi di jalan Brigjend. H. Hasan Baseri desa Pasar Senin Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan jarak ±4 km dari pusat kota Amuntai, yang dibangun pada tanggal 21 September 1990 diatas sebidang tanah seluas 5.062 meter persegi milik pribadi Bapak Drs. H. Ardansyah Fama (almarhum).

Latar belakang berdirinya pondok pesantren ini dipelopori oleh Bapak Drs. H. Ardansyah Fama (almarhum) yang saat itu masih menjabat sebagai Bupati Hulu Sungai Utara Periode 1987-1992 beserta para ulama desa Pasar Senin dan ulama desa Kembang Kuning, karena mengingat betapa pentingnya keberadaan sebuah pondok pesantren di daerah Hulu Sungai Utara yang pendidikannya murni dengan mengajarkan kitab-kitab Islam klasik (kitab kuning), juga karena besarnya rasa tanggung jawab mereka saat itu terhadap generasi-generasi Islam di masa-masa yang akan datang dalam tafaqquh fiddin, untuk menghadapi tantangan-tantangan zaman.

Hingga mereka sadar akan letak peran pentingnya lembaga pendidikan agama yakni berdiriya sebuah pondok pesantren dengan harapan untuk mencetak kader-kader generasi Islam yang mampu memimpin umat kedepan.

Dan sebagai keputusan dari hasil musyawarah oleh Bapak Bupati saat itu beserta para ulama terkemuka dan tokoh-tokoh masyarakat desa Pasar Senin dan desa Kembang Kuning yang dilaksanakan di dalam ruang induk Mesjid Noor Thaibah Pasar Senin maka pada tanggal 21 September 1990 diatas lahan milik pribadi Bapak Drs. H. Ardansyah Fama dilakukanlah pemancangan tiang pertama sebuah pondok pesantren yang saat itu diberi nama pondok pesantren “Al Munawwarah”.

Dan pada awal tahun ajaran 1991-1992 dimulailah pembelajaran tingkat Wustha dengan santri pertama berjumlah 19 orang dengan menggunakan sarana sementara lokal SD tua yang saat itu dianggap masih layak pakai dan waktu belajarnya masih di sore hari di bawah naungan ketua yayasan Bapak Drs. H. Ardansyah Fama sekaligus beliau sebagai penyandang dana operasional Pondok Pesantren, dan sebagai pengasuh pertama KH. Mugni Arsyad dengan didampingi oleh KH. Suriani Rais Lc., pada tahun 1993 pengasuhan diserahkan kepada KH. Suriani Rais Lc. Hingga beliau wafat pada awal Januari 2012 dan diteruskan oleh KH. Abdussamad sampai sekarang.

Source https://ponpesarraudhah.wordpress.com https://ponpesarraudhah.wordpress.com/category/profil/
Comments
Loading...