Sejarah PLTA Parakan Kondang

0 157

PLTA Parakan Kondang

PLTA Parakan Kondang atau Pembangkit Listrik Tenaga Air Parakan Kondang merupakan sebuah pembangkit listrik yang berlokasi di Desa Kadujaya Kecamatan Jatigede. Bisa dikatakan PLTA ini adalah yang pertama di Kabupaten Sumedang yang dibangun semenjak tahun 1955 sebelum nanti ditambah dengan PLTA di bendungan Jatigede. Sesuai dengan namanya, PLTA ini berlokasi di Kampung Parakan Kondang. Sumber air yang digunakan untuk memutarkan turbinnya berasal dari aliran sungai Cimanuk yang dialirkan melalui kolam reservoir tepat di sebelah hilir bendungan Jatigede.

Karena aliran sungai Cimanuk fluktuatif yang tergantung dari curah hujan, tidak mengherankan jika operasionalnya tergantung dari debit air yang masuk. Ketika curah hujannya kecil atau debit airnya minim, PLTA Parakan Kondang akan berhenti beroperasi. Dengan dibangunnya bendungan Jatigede diharapkan debit air yang masuk ke kolam reservoir PLTA Parakan Kondang akan berkesinambungan, sehingga PLTA ini akan berfungsi secara penuh sepanjang tahun.

Walau sudah berusia puluhan tahun, namun PLTA ini masih berfungsi dengan baik. Dan dalam keadaan normal, PLTA ini menghasilkan daya listrik mencapai 10 MegaWatt (MW). Daya ini dihasilkan melalui empat buah turbin dengan kapasitas masing-masing turbin sebesar 2,48 MW. Listrik yang dihasilkan dari PLTA Parakan Kondang ini kemudian didistribusikan ke Gardu Induk (GI) Malangbong di Kabupaten Garut yang kemudian didistribusikan kembali ke masyarakat di wilayah Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan sekitarnya.

PLTA Parakan Kondang, sebagaimana pembangkit listrik berusia lanjut lainnya yang berada di wilayah Jawa Barat berada di bawah pengelolaan Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Saguling PT Indonesia Power yang merupakan salah satu anak perusahaan PLN.

Source http://sumedangtandang.com http://sumedangtandang.com/direktori/detail/plta-parakan-kondang.htm
Comments
Loading...