Sejarah PLTA Mendalan

0 27

PLTA Mendalan

Selain PLTA Siman, tidak jauh dari lokasi ada namanya PLTA Mendalan. Lokasinya ada di Kasembon yang kinerjanya menggunakan gaya potensial dari Sungai Konto. Sungai tersebut dibendung dengan kolam tandon yang kemudian dialirkan ke dalam sebuah pipa untuk memutar turbin.

PLTA Mendalan adalah salah satu yang unit pembangkit yang paling pertama di Malang karena dibangun pada tahun 1927 oleh perusahaan listrik Belanda yang bernama NIWEM ( Nederlandsch of Indische Water Kracht Electricitiet Maatscapppy ) dan beroperasi tahun 1932, atau kurang lebih tiga tahun sebelum PLTA Siman.

Saat awal berdiri, PLTA ini mempunya empat unit pembangkit listrik dengan kapasitas 5,6MW. Di tahun 1947 saat agresi militer Belanda, PLTA Mendalan juga mengalami serbuan dari Belanda yang ingin menguasainya. Akibatnya, pertempuran hebat yang terjadi antara pejuang dan Belanda membuat PLTA ini rusak. Kemudian, di tahun 1953, beberapa insinyur Belanda kembali ke Indonesia untuk mengadakan perbaikan.

Dari perbaikan itu, tiga alat yang mengalami kerusakan diganti dengan yang baru. PLTA Mendalan yang dibangun kembali dengan daya terpasang 1×5,6 MW dan 3×5,8 MW dengan produksi listrik rata-rata 80.750.000 kwh per tahun. Energi listrik ini disalurkan lewat transmisi 70 KV arah Mojokerto dan Blimbing (Malang).

PLTA ini memang tidak sembarang bisa dikunjungi untuk keluar masuk. Namun, setiap tahun menerima mahasiswa yang ingin praktek kerja. Tentu ini menjadi sebuah pengalaman yang mengasyikan saat bisa mengetahui kinerja PLTA dari dekat.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/03/10/plta-mendalan-penyuplai-listrik-handal-dari-kasembon/
Comments
Loading...