Sejarah Pintu Gerbang Kerkhof Magelang

0 354

Lokasi Pintu Gerbang Kerkhof

Pintu Gerbang Kerkhof terletak di Jl. Magelang – Yogyakarta No.56, Magersari, Magelang Sel, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Sejarah Pintu Gerbang Kerkhof

Gerbang Kerkhof adalah gerbang pintu masuk ke makam, masyarakat menyebutnya dengan nama Gerbang Kerkop. Gerbang inilah yang menjadi penanda bahwa dulunya daerah tersebut adalah sebuah pemakaman Belanda. Gerbang Kerkhof di Kota Magelang diperkirakan dibangun pada tahun 1906 dengan luas 16,8 m² dan memiliki tinggi 8,5 m. Bangunan pintu gerbang tersebut memiliki gaya arsitektur Roman yang ditopang oleh empat pilar jenis Tuscan yang mengadopsi dari pilar kuil Romawi.

Pintu Gerbang Kerkhof

Pintu Gerbang Kerkhof tersebut menghadap ke timur, sehingga bisa dipastikan bahwa di sebelah barat atau di belakang pintu gerbang tersebut merupakan Kerkhof Laan (Tanah Pemakaman Belanda), atau biasa juga dikenal sebagai De Europese Begraafplaats te Magelang. Jadi, deretan toko tersebut sesungguhnya adalah bekas kerkhof (makam Belanda). Konon, pemakaman Belanda tersebut terbagi atas dua bagian, yaitu bagian depan dan bagian belakang. Tiap bagian tersebut masih terbagi lagi menjadi empat kelas. Bagian depan diperuntukkan bagi orang Eropa, sedangkan bagian belakang digunakan untuk orang Timur Asing dan Pribumi yang beragama Kristen. Dari Kerkhof Laan tersebut yang masih bisa dilacak petilasannya tinggal kompleks makam Johannes Van Der Steur (misionaris dan pejuang kemanusiaan berkebangsaan Belanda) bersama dengan anak-anak asuhnya dan Gerbang Makam tersebut. Karena pada tahun 1980an, area pemakamam Belanda tersebut dipindahkan ke Giriloyo oleh Pemkot Magelang. Ada juga yang dipindahkan oleh ahli warisnya ke negeri Belanda.

Melihat kemegahan gerbang makam Belanda tersebut, bisa dibayangkan keberadaan kerkhof yang berada di Kota Magelang pada waktu itu. Terlebih Magelang juga terpilih menjadi Kota Garnizun yang dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda, yang nota bene banyak orang Belanda yang masih asli maupun blasteran (KNIL) yang bermukim di Kota Magelang kala itu.

Source Pintu Gerbang Kerkhof Magelang
Comments
Loading...