Sejarah Pesantren Putri Al Fathimiyyah Bahrul Ulum Jombang

0 117

Pesantren Putri Al Fathimiyyah Bahrul Ulum Jombang

Diawal bedirinya, sekitar tahun 1949 al Fathimiyyah yang kala itu sering disebut dengan APIS (Asrama Putri Selatan) menampung sebanyak 6 orang yang kesemuanya berasal dari daerah sekitar Jombang, mereka semua tinggal dikediaman Romo Kyai Abd. Fattah dan barulah dekitar tahun 1952 mulai dibangun sebuah gedung yang memiliki dwi fungsi yakni sebagai kamar santri sekaligus sebagai mushollah, kemudian pada tahun 1957 dibangun sebuah komplek yang diberi nama al Muniroh yang dihuni sekitar 76 santri yang kebanyakan berasal dari daerah sekitar Surabaya dan Gresik, dan komplek ini direnovasi kembali sekitar tahun 1992-1993.

Kemudian dikarenakan semakin banyaknya santri dan dirasa perlunya untuk membangun sebuah gedung, maka sekitar tahun 1962 dibangunlah komplek al Khodijah, disusul komplek al Aisyah tahun 1969. Tidak sebatas itu saja al Fathimiyyah makin mengembangkan mutu pendidikannya dengan membangun beberapa komplek yang diberi nama al Ma’shumah dan al Jamilah, bertepatan dengan itu diresmikan pula nama al Fathimiyyah yang diabadikan dari nama Ibunda Romo KH. Abd. Fattah yakni Nyai Fathimah.

Demi peningkatan kualitas dan mutu Pesantren maka pada tahun 1975 diadakan perbaikan dengan membangun sebuah kantor yang terletak dibelakang mushollah dan mengadakan penyempurnaan keadministrasian PPP al Fathimiyyah.
Dikarenakan semakin bertambahnya jumlah santri, maka diadakan perenovasian musholla untuk yang pertama kalinya tepatnya tahun 1978, sekaligus dibangun pula komplek al Hijriyyah tahun 1980 dan al Jadidah A tahun 1982. Kemudian musholla direnovasi untuk yang kedua kalinya sekitar tahun 1982.

Dengan sasaran pokok organisasi meningkatkan mutu dan kualitas santri sebagai kader Warotsa Al-‘Anbiya’ serta meningkatkan fungsi dan peranan santri sehingga menjadi pelopor pembangunan bangsa, maka al Fathimiyyah berusaha untuk menempuh lewat kegiatan dan usaha-usaha yang dipegang oleh 2 Ketua Bidang.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/32501/pesantren-putri-al-fathimiyyah-bahrul-ulum-jombang.html
Comments
Loading...