Sejarah Pesantren Miftahul Huda Kendal

0 84

Pesantren Miftahul Huda

Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren dan Perkembangannya. Miftahul Huda adalah salah satu pesantren yang terletak di pegunungan / kaki gunung Ungaran, berjarak lebih 50 kmarah tenggara dari Ibu Kota Kabupaten Kendal. Pesantren Miftahul Huda dirintis oleh kyai Ahmad pada tahun 1940-an yang pada awal pendiriannya memberikan nama Miftahul Huda dengan arti “Kunci Petunjuk” dikmaksudkan agar para santri nantinya menjadi anggota masyarakat yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT. Aminn. Latar belakang pendiriannya didasari adanya krisis pendidikan pada masyarakat sekitar, terutama pendidikan agama yang sangat memeprihatinkan.

Pada awalnya kegiatan pesanten dipusatkan di rumah kyai Ahmad yang berada disamping masjid desa Peron. Materi yang diajarkan pun hanya materi keagamaan yang bersifat dasar yakni meliputi pengetahuan Tauhid, Ibadah, Baca Tulis Al-Qur’an dan pelajaran kitab-kitab klasik dengan system sorogan. Karena para santri semakin bertanbah banyak yang datang dari lain kabupaten seperti dari Kabupaten Magelang, Temanggung, Semarang, dan Batang dan juga dari luar jawa.

Maka dibuatlah tempat (pondok) yang sangat sederhana dari bahan kayu dan bambu yang diperuntukkan sebagai tempat belajar dan asrama santri. Pada periode berikutnya karena Kyai Ahmad tidak mempunyai keturunan dan telah wafat pada tahun 1879, maka pesantren yang kecil ini diteruskan oleh para keponakannya diantaranya adalah KH. M. Muafiq. Pada tahun 1979 sistem pendidikan salaf diatur secara klasikal. Dengan kegigihan Bp. KH. Muafiq, maka pesantren yang kecil ini sedikit demi sedikit bisa berkembang baik dibidang pendidikan atau fisiknya.

Seiring dengan perkembangan waktu dan bertambahnya para santri yang berdatangan, maka pada tahun 1983 BP. KH. Muafiq selaku penerus munculah ide mengembangkan pendidikan formal yakni mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang murid-muridnya berawal dari para santri, dengan penuh kesabaran pengasuh dan para ustadz, MTs ini berkembang dengan pesat sesuai dengan sikon. Alhamdulillah pada tahun ajaran 2008/2009 telah membuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), agar para santri setelah keluar dari pesantren bisa mempunyai skill dan ketrampilan kerja.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/35042/pesantren-miftahul-huda-kendal.html
Comments
Loading...