Sejarah Pesantren Ittihadul Ummah Ponorogo

0 70

Pesantren Ittihadul Ummah Ponorogo

Pada tahun 1970 KH. Imam Sayuti Farid mendirikan Madrasah Awaliyah “Al Jariyah” yang langsung dikepalai oleh beliau, kemudian gantikan oleh KH. Mujahiddin Farid, dilanjutkan oleh Alm. Ibu Nur Tuhtida (1980- 2009), sepeninggal Ibu Nur Tuhtida, Madrasah dikepalai oleh Nurul Mar’atit Taqwati (2009 – sekarang). Ustadz-ustadz yang mengajar di Madrasah ini sebagian besar adalah anak kost. Dikarenakan kegiatan yang semakin makin padat, maka pada tahun1973 KH. Imam Sayuti Farid memanggil adik beliau KH. Mujahiddin Farid yang berada di malang selatan untuk membantu di Jarakan.

Tahun 1974 KH. Imam Sayuti Farid mulai mendirikan bangunan untuk Pondok. Pendirian bangunan tersebut dikerjakan bersama para pelajar, mahasiswa yang mengaji pada beliau dan beberapa warga sekitar sertaBapak Husaini yang menjadi koordinator pelaksana pembangunan. Tanah bangunan dibeli oleh KH. Imam Sayuti Farid dari H. Dul Hamid, bangunan tersebut sekarang menjadi Gedung Serba Guna Siti Khadijah yang sebelumnya ialah bangunan pondok putra.

Sedangkan tanah di bagian utara (sekarang asrama pondok putra) dibeli oleh H. Syamsi dari Bapak Jumangin atas permintaan KH. Imam Sayuti Farid dan Bapak Sujak Sulam. Mulai saat itulahberdiri Pondok Pesantren yang diberi nama “WAHDATUL UMMAH”, namun pada tahun 1980 nama tersebut diubah menjadi “ITTIHADUL UMMAH” dengan alasan menghendaki makna yang lebih dinamis.

Source http://www.laduni.id http://www.laduni.id/post/read/40231/pesantren-ittihadul-ummah-ponorogo.html
Comments
Loading...