Sejarah Pesantren Al-Barkah

0 169

Pesantren Al-Barkah

Ma’had Al-Barkah berdiri dirintis 50 Tahun silam oleh Alm. KH. Ahmad Damanhuri. Dalam hal ini beliau sebagai Maha Guru dan pendiri sekaligus pimpinan Ma’had Al-Barkah Karangkamulyan Cijeungjing Ciamis atas permintaan hati nurani dan perintah agama untuk mengembangkan Islam di daerah yang masih awam dalam bidang agama, terutama pengaruh Hindu yang mengakar dan kental di masyarakat serta gerakan komunis yang merambah dan mempengaruhi pemikiran masyarakat. Perjalanan panjang dalam mengembangkan agama Islam yang beliau jalani tidaklah mudah, banyak halangan dan onak duri yang harus beliau jalani sampai beliau wafat pada tahun 1987 M.

Kepemimpinan Pesantren dilanjutkan oleh mantu beliau yang bernama Ky. Ahmad Maofur yang menikah dengan putri Alm, yaitu Oom Siti Romlah dan dikaruniai 5 orang anak yang menikah baru 2 dan yang lainnya sampai sekarang masih mengenyam pendidikan di Pesantren sekaligus menjadi mahasiswa di perguruan tinggi.

Dengan berbekal keyakinan dan cita-cita yang tinggi serta mengharap ridho Alloh, pelan tapi pasti, pesantren Al-Barkah terus berupaya mengembangkan sayap Islam walau tidaklah mudah dalam menjalaninya karena butuh waktu panjang untuk merubahnya. Pengaruh budaya hindu yang masih mengakar kuat membuat pimpinan pesantren dan rengrengannya harus berupaya sekuat tenaga demi tegaknya izzul islam wal muslimin sampai sekarang ini. Dengan segenap kemampuan yang Alloh titipkan, beliau berusaha tanpa henti-hentinya demi tegaknya kalimah tauhid di bumi Alloh ini.

Source http://www.albarkah.or.id http://www.albarkah.or.id/p/blog-page_56.html
Comments
Loading...