Sejarah Pesantren Abu Dzarrin Bojonegoro

0 157

Pesantren Abu Dzarrin Bojonegoro

Pada tanggal 25 September 1919M. Pondok Pesantren Abu Dzarrin didukuh kendal Sumbertlaseh Dander Bojonegoro mulai dirintis dan didirikan oleh seorang ulama besar yang bernama K. Abu Dzarrin. Bangunan yang ada mulanya hanya berupa sebuah masjid, dan merupakan bangunan yang sudah tua yakni peninggalan seorang penghulu Bojonegoro yang bernama H. Umar, sementara santri yang ada baru satu atau dua dari desa setempat dan sekitarnya.

Tidak beberapa lama kemudian oleh beliau didirikan sebuah bangunan dari kayu jati yang sederhana yang terdiri dari 7 kamar sebagai tempat santri yang menetap. Namun semakin hari santri semakin meningkat perkembangannya dan hanya bangunan tersebutlah satu – satunya bangunan yang pertama didirikan yakni pada tahun 1924 M.

Namun pada tahun 1924 M. beliau terpaksa meninggalkan Pondok Pesantren yang dirintis untuk sementara waktu untuk menunaikan rukun islam yang ke – 5 yakni ibadah haji kebaitulloh yakni Makkatul Mukarromah dan beliau bermukim disana selama 2 tahun untuk belajar atau Istifadatil Ilmu pada guru & ulama besar disana.

Source http://nahdlatululama.id http://nahdlatululama.id/blog/2017/11/30/pondok-pesantren-abu-dzarrin-bojonegoro/
Comments
Loading...