Sejarah Perkebunan Teh Tjigolek

0 42

Perkebunan Teh Tjigolek

Menelusuri jejak dari Perkebunan Tee Tjigolek ini diawalai dari peta buatan Belanda tahun 1944. Perkebunan teh ini kini terletak di Blok Cikiung Desa Cibulan Lemahsugih. Sangat beruntung sekali perkebunan teh sangat banyak didomentasikan dalam bentuk foto. Namun tidak ada satupun jejak fisik bila dahulu terdapat pabrik, perkebunan dan rumah milik pengusaha perkebunan teh ini, yang ada hanyalah sisa sisa pecahan keramik yang menurut penduduk sekitar sebagai bekas lantai rumah tuan pembesar pemilik perkebunan ini.

Bekas rumah penguasaha perkebunan ini sekarang menjadi kebun milik warga sementara bekas pabrik yang berada di sebuah lembah menjadi sawah penduduk. Kemungkinan Perkebunan teh Tjigolek ini berdiri sekitar tahun 1920-an dan hancur era pendudukan jepang, karena menurut penduduk dulunya daerah sekitar pabrik teh dikenal sebagai ‘benteng’ yang dijadikan basisi pertahanan pejuang melawan tentara belanda pada masa revolusi fisik dan digunakan juga oleh ‘gerombolan’ di era pemberontakan DI/TII.

Source https://infomajalengka.wordpress.com https://infomajalengka.wordpress.com/2015/10/17/menelusuri-jejak-pabrik-dan-perkebunan-teh-era-kolonial/
Comments
Loading...