Sejarah Perkebunan Teh Malabar Bandung

0 488

Lokasi Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandungm Jawa Barat.

Sejarah Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan teh Malabar seluas 2.022 hektare ini setiap hari dapat mengolah 60.000 kilogram pucuk teh. Pemasarannya sembilan puluh persen ke luar negeri. Tenaga kerja yang terlibat mencapai 1.860 orang. Perkebunan teh Malabar telah dibuka sejak tahun 1890-an oleh Preangerplanter bernama Kerkhoven yang sebelumnya sudah membuka perkebunan teh di daerah Gambung, Ciwidey.

Akan tetapi, popularitas kawasan Kebun Teh Malabar berkembang dengan pesat dan memuncak setelah Kerkhoven mengangkat sepupunya, Karel Albert Rudolf Bosscha, untuk menjadi administratur perkebunan ini pada tahun 1896.

Perkebunan Teh Malabar adalah salah satu perkebunan yang ada di Pangalengan. Pada bulan Agustus 1896, Bosscha mendirikan Perkebunan Teh Malabar. Dan pada tahun-tahun berikutnya, ia menjadi juragan seluruh perkebunan teh di Kecamatan Pangalengan. Bosscha datang ke Indonesia, dulu Hindia-Belanda, dalam usia 22 tahun pada 1887.

Mulanya, ia membantu bekerja di perkebunan teh milik pamannya, Edward Julius Kerkhoven, di Sukabumi. Pada bulan Agustus 1896, Bosscha mendirikan Perkebunan Teh Malabar dan menjabat sebagai Administratur selama 32 tahun. Selama itu, ia mendirikan dua pabrik teh dan menjadikan perkebunannya sebagai perkebunan yang maju. Bosscha menjelma menjadi “Raja Teh Priangan”.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2018/01/wisata-sejarah-di-kabupaten-bandung-jawa-barat/
Comments
Loading...