Sejarah Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi

0 763

Lokasi Perkebunan Teh Kayu Aro

Perkebunan Teh Kayu Aro terletak di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. 

Sejarah Perkebunan Teh Kayu Aro

Kebun teh ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada sekitar tahun 1925 hingga tahun 1928 bersamaan dengan pabriknya. Lahan yang dulunya berupa hutan, diubah menjadi sebuah perkebunan yang mulanya ditanami kopi. Namun karena hasil yang kurang memuaskan, Belanda pun akhirnya menanami kebun ini dengan tanaman teh.

Sepenggal cerita pilu pun mengiringi perjalanan Perkebunan Teh Kayu Aro. Kala itu, banyak pekerja dari Jawa yang didatangkan Belanda dalam pembukaan lahan hutan. Mereka dipekerjakan secara paksa, dan banyak yang menjadi korban atas kekejaman Belanda. Hal ini pula menjadi sebab banyaknya keturunan orang Jawa yang hingga kini menetap di Kerinci.

Setelah Indonesia merdeka, perkebunan ini pun beberapa kali mengalami perubahan status dan juga manajemen. Akhirnya pada tahun 1974, kebun teh ini secara resmi dinauingi oleh PT. Perkebunan VIII. Namun pada tahun 1996 perusahaan ini dikonsolidasi dengan beberapa perusahaan yang ada di Sumatera Barat dan Jambi dan berubah menjadi PT. Perkebunan Nusantara VI.

Berselang dua tahun, Perkebunan Teh Kayu Aro dibuka secara resmi sebagai sebuah destinasi wisata. Minat dari pengunjung pun cukup banyak, karena keindahan kebun teh ini dengan udara sejuk khas pegunungan serta megahnya Gunung Kerinci. Tak hanya bisa berkunjung di kebun teh saja, wisatawan juga bisa berkunjung ke pabriknya langsung.

Source https://www.tempat.co.id/ https://www.tempat.co.id/wisata/Perkebunan-Teh-Kayu-Aro
Comments
Loading...