Sejarah Perkebunan Teh Gunung Gambir

0 306

Perkebunan Teh Gunung Gambir

Perkebunan teh yang ditanam pada tahun 1918, 1923 dan 1927 yangdikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII. Perkebunan ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda sejak tahun 1918 dan berada di ketinggian 900 M dari permukaan laut. Memang tak banyak yang mengetahui keberadaan kebun teh ini bahkan warga jember sendiri. Lokasinya yang berada lereng Gunung Argopura. Lereng Gunung Argopuro ini memang memiliki tanah dan udara yang ideal untuk sebuah perkebunan teh, terutama yang ada diperkebunan teh gunung Gambir ini, disini dikembangkan 8 jenis teh yang dikenal juga dengan teh bir atau “bir tea”.
Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir Jember berada di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten  Jember. Tepatnya berada di Lereng pegunungan Argupuro yang berjarak sekitar 48km dari pusat kota Jember. Perkebunan teh ini menawarkan pemandangan yang indah dengan hamparan alam hijau tanaman teh yang menghiasi kiri dan kanan selama perjalanan.
Ada kalanya jika kita beruntung kita bisa menyaksikan langsung proses pemetikan teh hingga proses pengolahan teh dimana hasil dari teh perkebunan ini cukup terkenal dan telah di ekspor hingga mancanegara. Namun sayangnya karena proses pengolahan teh dipabrik gunung gambir ini sudah tidak beroperasi lagi dengan alasan efisiensi dan untuk pengolahan hasil perkebunan teh di afdeling gunung Gambir ini dialihkan ke Guci Alit, sehingga proses para buruh pemetik teh sudah jarang ditemui meskipun ada beberapa pemetik yang digunakan sebagai teh lokal.
Source http://blusukanjember.blogspot.com http://blusukanjember.blogspot.com/2018/03/perkebunan-teh-gunung-gambir-green-tea.html
Comments
Loading...