Sejarah Perkebunan Teh Argalingga

0 84

Perkebunan Teh Argalingga

Perkebunan ini berada di kaki Gunung Ciremai tepatnya kini masuk kedalam wilayah Desa Argalingga Kec. Argapura. Belum diketahui kapan awal pabrik ini didirikan kemungkinan tahun 1900-an awal. Perkebunan ini juga dilengkapi oleh pabrik pengolahnnya. Sangat beruntung pabrik ini sempat diabadikan dalam sebuah foto.

Perkebunan ini berdasaran peta Belanda buatan tahun 1944 memiliki luas yang cukup luas, tak hanya sekitar Argalingga namun juga hampir mencapai wilayah Cikaracak. Pabrik teh Argalingga kini sudah tak berbekas sama sekali, hanya menyisakan pondasi bangunan dan tangga menuju pabrik tersebut. Pabrik ini sempat menjadi pos militer Belanda pada masa Argresi Militer Belanda yang pertama pada tahun 1947. Hal ini didasari dari tujuan adanya agresi militer tersebut yaitu merebut dan mengamankan asset-aset perkebunan yang menjadi sumber pendapatan pemerintah kolonial dibekas negeri jajahannya. Menurut penduduk setempat, pabrik dan perkebunan teh ini berhenti beroperasi sekitar tahun 1950-an, dan diceritakan mesin mesin pabrik teh ini dibawa dan dipindahkan ke Bandung.

Source https://infomajalengka.wordpress.com https://infomajalengka.wordpress.com/2015/10/17/menelusuri-jejak-pabrik-dan-perkebunan-teh-era-kolonial/
Comments
Loading...