Sejarah Perkampungan Si Raja Batak Sumatera Utara

0 514

Lokasi Perkampungan Si Raja Batak

Perkampungan Si Raja Batak terletak di Kawasan Pusuk Buhit, Sumatera Utara.

Perkampungan Si Raja Batak

Berada di kawasan Pusuk Buhit ini, seakan berada di sebuah tempat dan jaman yang berbeda. Si Raja Batak yang konon menghasilkan keturunan yang menjadi cikal bakal ratusan marga suku Batak di muka bumi dan melahirkan konsep Dalihan Na Tolu, kemudian membangun kampung di Sigulatti, di punggung Gunung Pusuk Buhit. Di kawasan tersebut terdapat rumah Si Raja Batak dan perkampungan Batak yang bangunan rumahnya masih asli. Terbuat dari kayu dan tidak menggunakan paku.

Tak lama kemudian Si Raja Batak membuka perkampungan baru, tepatnya di kaki Gunung Pusuk Buhit.  Perkampungan tersebut dinamai dengan nama Sianjur Mula Mula РSianjur Mula Tompa yang masih dapat dikunjungi sampai saat ini sebagai model perkampungan pertama suku Batak. Letak perkampungan itu berada di garis lingkar Pusuk Buhit di antara lembah Sagala dan Limbong Mulana. Ada dua arah jalan darat menuju Pusuk Buhit. Satu dari arah Tomok (bagian Timur) dan satu lagi dari dataran tinggi Tele.

Bersama sang istri, di Sianjur Mulamula kemudian si Raja Batak memulai peradaban pertama kali. Perkampungan inilah yang kemudian hingga kini disebut sebagai pangkal kehidupan suku Batak. Di desa ini ada beberapa peninggalan jejak Si Raja Batak seperti duplikat rumah Batak, gua persemedian Si Raja Batak, Aek Bitatar (Air Suci Suku Batak), dan patung Si Raja Batak beserta istri.

Suku Batak sangat menghormati leluhurnya sehingga hampir semua leluhur marga-marga Batak diberi gelar Raja sebagai gelar penghormatan, juga makam-makam para leluhur orang Batak dibangun sedemikian rupa oleh keturunannya dan dibuatkan tugu yang bisa menghabiskan biaya milyaran rupiah. Selain penghormatan terhadap leluhur, tugu dimaksud juga untuk mengingatkan generasi muda akan silsilah mereka.

Source http://hariansib.co http://hariansib.co/view/Marsipature-Hutanabe/90875/Perkampungan-Si-Raja-Batak--Jejak-Peradaban-Bangso-Batak.html
Comments
Loading...